Ningsih, Diah Fitria (2024) Kepemimpinan spiritual kepala madrasah dalam penguatan budaya religius nahdlatul ulama di mi islamiyah wonoplintahan kabupaten sidoarjo / Diah Fitria Ningsih</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Era krisis moral saat ini membuat kegelisahan di tengah masyarakat. Perilaku yang menggeser nilai agama seperti mengonsumsi narkoba minuman keras seks bebas kekerasan seksual atau pelecehan seksual menyalahi aturan berpakaian kurang menghargai guru serta meniru menyanyikan dengan lirik lagu yang berkonotasi negatif. Maraknya kasus ini harus segera diatasi salah satunya melalui pendidikan moral. Nilai spiritualitas pada kepemimpinan spiritual kepala sekolah/madrasah tidak hanya berkaitan dengan kerohanian keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa saja melainkan kepala sekolah/madrasah dengan kepemimpinan spiritual juga mengatur tentang kinerja dan hubungan kerja yang profesional antar personil di sekolah dengan berlandaskan nilai-nilai luhur religius. Nilai-nilai luhur ini diterapkan pada kepemimpinan spiritual kepala sekolah/madrasah melalui sikap dan perilaku berdasarkan visi misi sekolah yang dilandaskan pada spiritual dan dapat disalurkan dan menjadi motivasi serta inspirasi bagi personil sekolah. Kepala sekolah dalam hal ini memberikan contoh atau teladan kepada personil sekolah baik guru maupun siswa. Keteladanan yang diberikan oleh kepala sekolah/madrasah ini dapat menciptakan budaya di sekolah/madrasah yang dipimpinnya guna mengatasi krisis moral yang sedang marak terjadi melalui keteladanan yang diberikan oleh kepala sekolah. Kepemimpinan spiritual telah dilakukan oleh kepala madrasah di MI Islamiyah Wonoplintahan Sidoarjo. Kepala madrasah menggunakan kepemimpinan spiritual untuk menerapkan budaya religius berbasis Nahdlatul Ulama (NU) tujuannya agar sejak dini anak-anak mengenal dan memahami ke-NU-an serta dapat mengambil nilai yang terkandung di dalam budaya religius NU. Kepala madrasah memberikan teladan mulai dari cara berpakaian dan memberikan pembiasaan kepada personil sekolah terkait ke-NU-an karena madrasah ini adalah madrasah dengan latar belakang NU. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik kepemimpinan spiritual kepala madrasah di MI Islamiyah Wonoplintahan Sidoarjo (2) mengetahui bentuk budaya religius NU yang diterapkan di MI Islamiyah Wonoplintahan Sidoarjo (3) mengetahui peran kepala madrasah dalam menerapkan budaya religius NU di MI Islamiyah Wonoplintahan Sidoarjo (4) mengetahui dampak dari kepemimpinan spiritual kepala madrasah dalam menerapkan budaya religius NU di MI Islamiyah Wonoplintahan Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang diambil adalah sumber data primer dan sekunder. Keseluruhan informan pada penelitian ini meliputi kepala madrasah guru operator madrasah komite yayasan dan orang tua siswa. Informan kuncinya adalah kepala madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi pengecekan anggota meningkatkan ketekunan dalam penelitian dan kecukupan bahan referensi. Data yang diperoleh dikumpulkan kemudian dianalisis untuk melakukan reduksi data kemudian hasil reduksi disajikan dalam bentuk tabel dan bagan selanjutnya dibuat kesimpulan berdasarkan informasi yang diperoleh. Tahap penelitian yang dilaksanakan melalui tahap pendahuluan penyusunan proposal tahap penelitian tahap pengolahan data dan tahap penyusunan laporan. Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut (1) kepala madrasah memiliki karakteristik memimpin dengan hati rendah hati/andap asor/tidak arogan bebas dan memberdayakan disiplin/berwibawa/tegas disegani yang dipimpin kerjanya santai dan melayani adil toleransi semangat amal saleh dan jujur (2) bentuk budaya religius NU di MI Islamiyah Wonoplintahan Sidoarjo yaitu istighosah tahlil ziarah pembiasaan pagi nadhoman kitab karangan ulama NU Jumat berkah di hari Jumat Legi sholawat banjari zikir/pujian bareng dengan suara keras dan Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) tema NU (3) kepala madrasah dalam menerapkan budaya religius NU memiliki peran penting yaitu membuat program memotivasi menjadi contoh/teladan dan kerja sama yang dilakukan dengan wali murid dan komunitas NU (4) penerapan budaya religius NU dengan kepemimpinan spiritual yang dilakukan kepala madrasah memiliki dampak yaitu menumbuhkan rasa kepedulian dan saling menghargai di lingkungan madrasah sikap siswa yang semakin baik (disiplin sopan tutur kata baik dan rajin ibadah) siswa memiliki bekal hafalan baik Al-Qur rsquo an maupun kitab etos kerja dan kinerja pegawai semakin meningkat respons baik dari wali murid dan madrasah semakin maju dengan perolehan akreditasi A. Berdasarkan hasil penelitian berikut saran bagi (1) Kepala madrasah sebaiknya memanfaatkan karakteristik kepemimpinan spiritual yang dimiliki untuk memimpin madrasah sesuai visi misi madrasah menjadi teladan bagi yang dipimpin sehingga program dan tujuan madrasah tercapai serta melakukan kaderisasi untuk memimpin kegiatan budaya religius NU agar bisa bergantian dalam memimpin kegiatan (2) guru sebaiknya selalu mendukung program budaya religius yang dibuat kepala madrasah dan menjadikan kepala madrasah sebagai teladan dalam mengajar agar dapat memperbaiki akhlak siswa dan meningkatkan prestasi siswa serta untuk kemajuan madrasah (3) tenaga kependidikan sebaiknya selalu mendukung program-program khususnya program budaya religius yang dibuat kepala madrasah agar program berjalan lancar serta untuk kemajuan madrasah (4) yayasan sebaiknya mendukung program-program budaya religius yang dibuat kepala madrasah baik secara materi maupun non materi agar madrasah semakin maju tujuan madrasah tercapai dan menciptakan lulusan yang berakhlak (5) peneliti lain bisa menjadikan penelitian ini sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian misalnya mencari atau mendalami terkait dampak yang ditimbulkan dari peran kepala madrasah dengan kepemimpinan spiritual dalam menerapkan budaya religius NU atau mencari tahu pengaruh dari penerapan budaya religius NU terhadap tingkah laku dan prestasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/358487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |