Hubungan etiket dan kualitas layanan tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik smk negeri se-kabupaten tuban / Nuryani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan etiket dan kualitas layanan tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik smk negeri se-kabupaten tuban / Nuryani</p>

Nuryani (2024) Hubungan etiket dan kualitas layanan tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik smk negeri se-kabupaten tuban / Nuryani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas layanan merupakan sebuah usaha yang dilakukan sekolah untuk memenuhi rasa kepuasan pada pelanggan salah satunya kepuasan peserta didik. Sebagai pihak penyedia jasa sekolah memberikan layanan pendidikan kepada peserta didik sebagai pelanggan pendidikan. Kualitas layanan tersebut dapat diketahui setelah membandingkan antara kebutuhan dan harapan yang peserta didik terima selama berada di sekolah. Jika sekolah senantiasa memberikan kualitas pada layanan diharapkan dapat mewujudkan image positif bagi masyarakat pada lembaga tersebut. Untuk mewujudkan layanan yang berkualitas dibutuhkan tenaga administrasi sekolah yang memiliki keterampilan dan kompetensi yang baik agar dapat memberikan rasa kepuasan bagi pelanggan pendidikan khususnya dalam konteks ini kepuasan peserta didik. Bagi setiap lembaga pendidikan atau sekolah baik negeri maupun swasta aktivitas pelayanan merupakan aspek penting sebab pelayanan merupakan gambaran nyata yang dapat dilihat dan dirasakan masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan. Oleh karena itu jika layanan yang diberikan berkualitas maka sekolah tersebut akan selalu dipilih dan dicari banyak pengguna. Sebaliknya jika layanan yang diberikan kurang maksimal maka juga mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap sekolah tersebut. Etiket atau tata karma bukanlah pelajaran yang perlu dipahami sebagai ilmu pengetahuan melainkan suatu kebiasaan yang dapat dilakukan setiap orang. Penekannya pada kebiasaan yang benar yang merupakan kebutuhan primer agar dapat diterima di lingkungan saat kita hadir. Kunci utama penerapan etiket adalah memperlihatkan sikap penuh sopan santun rasa hormat terhadap keberadaan orang lain dan mematuhi tata-krama yang berlaku pada lingkungan atau kebudayaan tempat kita berada. begitu juga dalam hal pelayanan administrasi sekolah yang membutuhkan etiket. Etiket sangat berfungsi untuk meningkatkan produktivitas tenaga administrasi sekolah yang mana etket ini dapat menghindarkan tenaga administrasi sekolah dari tidak taat aturan selain itu etiket juga bisa digunakan untuk menyenangkan pelanggan yaitu peserta didik itu sendiri sehingga tenaga administrasi sekolah bisa meneima pelanggan dengan penuh sopan santun keramahan dan penuh simpatik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) menganalisis etiket layanan tenaga administrasi sekolah di SMK Negeri se-Kabupaten Tuban (2) menganalisis tingkat kualitas layanan tenaga administrasi sekolah di SMK Negeri se-Kabupaten Tuban (3) menganalisis tingkat kepuasan peserta didik SMK Negeri se-Kabupaten Tuban (4) menganalisis hubungan etiket layanan tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik di SMK Negeri se-Kabupaten Tuban (5) menganalisis hubungan kualitas layanan tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik di SMK Negeri se-Kabupaten Tuban dan (6) menganalisis hubungan etiket dan kualitas layanan tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik di SMK Negeri se-Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memanfaatkan metode analisis deskriptif dan korelasi. Penelitian ini memilki lokasi di SMK Negeri se-Kabupaten Tuban. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang memiliki jumlah sebesar 11490 peserta didik. Penentuan jumlah sampel dihitung dengan menggunakan rumus slovin yang didapatkan hasil akhir jumlah sampel sebesar 400 peserta didik dan menggunakan proportional random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan kuesioner yang memanfaatkan google form dengan opsi jawaban 1-4 dan studi dokumentasi. Dalam pelaksanaan uji dan analisis data dibantu dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 22. Uji validitas menggunakan product pearson moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach s alpha. Selanjutnya analisis data menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari (1) normalitas (2) linearitas dan (3) uji korelasi. Hasil penelitian dengan memanfaatkan analisis data deskripitf dan korelasi menunjukkan kesimpulan yaitu (1) kepuasan peserta didik terhadap etiket layanan tenaga administrasi sekolah menunjukkan kategori ldquo baik rdquo (2) kepuasan peserta didik terhadap kualitas layanan tenaga administrasi sekolah menunjukkan kategori ldquo baik rdquo (3) kepuasan peserta didik menujukkan kategori ldquo baik rdquo (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil 0 000 lt 0 05 antara etiket layanan tenaga administrasi sekolah dan kepuasan peserta didik (5) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas layanan tenaga administrasi sekolah dan kepuasan peserta didik dengan hasil 0 000 lt 0 05 (6) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara etiket dan kualitas layanan tenaga administrasi sekolah dan kepuasan peserta didik dengan hasil 0 000 lt 0 05. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat ditujukan kepada berbagai pihak antara lain (1) Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) SMK Negeri se-Kabupaten Tuban etiket dan kualitas tenaga administrasi sekolah memiliki kualifikasi yang baik sehingga dapat dipertahankan dan ditingkatkan menjadi sangat baik. Adapun jika dilihat variabel etiket memiliki nilai koefisiensi paling rendah diantara ketiga variabel sehingga bisa lebih ditingkatkan dan diperhatikan lagi mengenai etiket tenaga administrasi sekolah (2) Kepala SMK Negeri se-Kabupaten Tuban diberikan rekomendasi untuk kepala sekolah agar bisa memberikan motivasi kepada tenaga administrasi sekolah untuk meningkatkan etiket dan kualitas sehingga bisa meningkat menjadi sangat baik juga diharapkan senantiasa mendukung dan mengawasi tenaga administrasi sekolah (3) Peserta Didik SMK Negeri se-Kabupaten Tuban peserta didik diharapkan selalu memberikan feedback yang baik kepada tenaga administrasi sekolah dan dapat memberikan masukan-masukan yang dirasa kurang dengan etiket dan kualitas layanan tenaga administrasi sekolah (4) Peneliti lain diharapkan bisa melakukan penelitian yang serupa mengenai hubungan etiket dan kualitas layanan tenaga administrasi sekolah (TAS) pada jenjang pendidikan lain seperti SMK Swasta SMA Negeri SMA Swasta SMP Negeri SMP Swasta atau SD Negeri dan bisa menekankan pada variabel lain yang belum dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/358486

Actions (login required)

View Item View Item