Kristanto, Prayoga Dwi (2024) Manajemen ekstrakurikuler tari tradisional dalam mewadahi bakat minat peserta didik di sdn dinoyo 3 / Prayoga Dwi Kristanto</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Manajemen ekstrakurikuler tari tradisional adalah proses perencanaan pengorganisasian pelaksanaan serta pengawasan dan evaluasi kegiatan tari tradisional yang diselenggarakan di luar jam pelajaran sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan pengetahuan dan kecintaan peserta didik terhadap budaya lokal. Manajemen ekstrakurikuler tari tradisional memiliki hubungan yang erat dengan bakat dan minat peserta didik karena manajemen yang baik dapat mengidentifikasi dan mengakomodasi bakat serta minat individu menciptakan program latihan yang menarik dan sesuai serta menyediakan dukungan yang diperlukan untuk mengoptimalkan potensi setiap peserta didik. Dengan manajemen tersebut peserta didik yang berminat dan berbakat dalam tari tradisional akan lebih termotivasi dan berkembang secara optimal melalui program yang terkelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional dalam mewadahi bakat minat peserta didik di SDN Dinoyo 3 (2) pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional dalam mewadahi bakat minat peserta didik di SDN Dinoyo 3 (3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional dalam mewadahi bakat minat peserta didik di SDN Dinoyo 3 Malang (4) pengawasan dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional dalam mewadahi bakat minat peserta didik di SDN Dinoyo 3 Malang (5) faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional dalam mewadahi bakat minat peserta didik di SDN Dinoyo 3 Malang dan (6) hambatan dan solusi kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional dalam mewadahi bakat minat peserta didik di SDN Dinoyo 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini juga berlokasi di SDN Dinoyo 3 Kota Malang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam observasi partisipatif dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yakni kepala sekolah koordinator ekstrakurikuler pelatih ekstrakurikuler asisten pelatih ekstrakurikuler guru wali murid peserta didik dan perwakilan dari Sanggar Asmoro Bangun. Analisis data penelitian melalui reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini juga menggunakan triangulasi data pengecekan anggota dan kecukupan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan ekstrakurikuler melibatkan berbagai langkah seperti menentukan tujuan merumuskan manfaat dan merencanakan kolaborasi eksternal. Pengorganisasian ekstrakurikuler tari tradisional tidak memiliki struktur tertulis namun tugas dan tanggung jawab dibagi di antara koordinator pelatih asisten pelatih guru dan Sanggar Asmoro Bangun. Pelaksanaan meliputi kegiatan rutin persiapan kompetisi dan penciptaan lingkungan yang mendukung. Pengawasan terfokus pada administrasi kehadiran disiplin keamanan dan evaluasi berdasarkan prestasi dan kinerja. Faktor pendukung meliputi komitmen guru dukungan kepala sekolah dan wali murid serta motivasi peserta didik. Hambatan meliputi kurangnya pengalaman asisten persetujuan wali murid waktu latihan yang berbeda dan persepsi negatif. Solusinya termasuk kedisiplinan pendekatan dengan wali murid koordinasi latihan bantuan transportasi dan pemberian motivasi. Berdasarkan simpulan yang sudah peneliti paparkan pada pernyataan di atas maka dapat disarankan kepada (1) kepala SDN Dinoyo 3 agar hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang belum terpenuhi seperti ruang latihan yang memadai dan kostum tari yang lengkap. Selain itu dapat membuat struktur organisasi ekstrakurikuler secara tertulis untuk memperjelas peran dan tanggung jawab setiap anggota (2) koordinator ekstrakurikuler tari tradisional SDN Dinoyo 3 agar penelitian ini diharapkan dapat berfungsi sebagai masukan dan evaluasi untuk mengatur dan mengawasi pelaksanaan ekstrakurikuler tari tradisional sehingga kekurangan yang ada dapat diidentifikasi dan diperbaiki (4) pelatih ekstrakurikuler tari tradisional SDN Dinoyo 3 untuk selalu menjaga komunikasi yang baik dengan peserta didik dan wali murid serta terus mengembangkan metode latihan yang kreatif dan menarik agar peserta didik tetap termotivasi dan bersemangat dalam berlatih (5) peneliti lain agar penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dan studi lanjutan bagi para peneliti yang tertarik untuk mengembangkan penelitian dalam bidang manajemen ekstrakurikuler tari tradisional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/358485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |