Pengelolaan evaluasi hasil belajar peserta didik secara online di SMK Negeri 5 Malang / Arvynda Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan evaluasi hasil belajar peserta didik secara online di SMK Negeri 5 Malang / Arvynda Permatasari

Permatasari, Arvynda (2014) Pengelolaan evaluasi hasil belajar peserta didik secara online di SMK Negeri 5 Malang / Arvynda Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permatasari Arvynda. 2014. Pengelolaan Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Secara Online di SMK Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M.Pd. (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos M.Pd. Kata kunci evaluasi hasil belajar peserta didik online Evaluasi merupakan salah satu cara untuk mengetahui kemampuan peserta didik. Evaluasi digunakan sebagai bahan perbaikan dalam proses belajar-mengajar. Era sekarang ini teknologi telah mengambil bagian dalam dunia pendidikan salah satunya yaitu terdapat ujian online. Ujian ini menggunakan perangkat keras (hardware) berupa komputer yang dikendalikan oleh manusia (brainware) dan kemudian sebuah perangkat lunak (software) yang digunakan dalam pelaksanaan ujian online. Pelaksanaan ujian online mengandalkan suatu jaringan yang disebut dengan internet. Jaringan tersebut menghubungkan pengguna (user) dengan suatu laman untuk mengerjakan ujian secara online. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) perencanaan evaluasi hasil belajar peserta didik (2) pengorganisasian evaluasi hasil belajar peserta didik (3) pelaksanaan evaluasi hasil belajar peserta didik (4) pelaporan evaluasi hasil belajar peserta didik (5) faktor pendukung dan penghambat evaluasi hasil belajar peserta didik dan (6) alternatif pemecahan masalah evaluasi hasil belajar peserta didik secara online di SMK Negeri 5 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus tunggal. Kehadiran peneliti merupakan hal terpenting dalam penelitian ini karena peneliti merupakan instrumen kunci. Subjek penelitian yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Penanggungjawab Sistem Informasi Manajemen (Penjabsim) Ujian Online dan Penanggungjawab Teknis (Penjab teknis) Ujian Online. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dari subjek penelitian hasil pengamatan terhadap pelaksanaan evaluasi hasil belajar peserta didik secara online dan dokumen yang diperoleh peneliti yang berkaitan dengan hasil wawancara. Setelah data tersebut diperoleh kemudian dilakukan pengecekan keabsahan temuan melalui metode triangulasi ketekunan pengamatan dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan evaluasi hasil belajar peserta didik secara online yaitu berupa mempersiapkan sarana dan prasarana melalui penambahan labolatorium komputer di setiap bengkel bagi peserta didik kejuruan non-teknologi dan mewajibkan peserta didik kejuruan teknologi memiliki laptop menambah jaringan internet dengan memasang hotspot/wifi di setiap ruangan menambah daya listrik untuk keperluan penggunaan komputer memberi training untuk pendidik dalam mengupload soal pada server ujian online menginformasikan tata cara pelaksanaan ujian online pada peserta didik dan mempersiapkan tim khusus untuk menanggulangi permasalahan saat pelaksanaan. (2) Pengorganisasian evaluasi hasil belajar peserta didik secara online ditujukan pada sumber daya manusia (SDM) yaitu (a) Penjabsim adalah pembuat sistem ujian online (b) Penjab teknis bertanggungjawab atas semua kendala teknis dan (c) setiap ruangan ujian terdapat 1 pengawas ujian dan 20 peserta didik. (3) Pelaksanaan evaluasi hasil belajar peserta didik secara online (a) dilaksanakan di labolatorium komputer yang terdapat pada setiap bengkel untuk kejuruan non-teknologi untuk kejuruan teknologi pelaksanaannya di ruang kelas masing-masing dengan membawa laptop (b) peserta didik wajib datang paling lambat 5 menit sebelum pelaksanaan (c) peserta didik mengunjungi laman ujian online dengan menggunakan browser Vohisma buatan sekolah yang telah disetting hanya dapat digunakan dengan menggunakan Local Area Network (LAN (d) peserta didik melakukan log in dengan nomor induk siswa beserta password kemudian memilih menu mengikuti ujian dan memilih mata pelajaran yang akan dikerjakan (e) pengawas memberikan kode soal dan password setelah waktu mengerjakan dimulai dan (f) setelah peserta didik selesai mengerjakan klik submit kemudian hasilnya akan muncul. (4) Pelaporan evaluasi hasil belajar peserta didik secara online berupa hasil yang telah dikerjakan oleh peserta didik dan dapat diketahui peserta didik setelah selesai mengerjakan. Untuk nilai yang diperoleh peserta didik akan secara otomatis masuk pada akun pendidik. (5) Faktor pendukung evaluasi hasil belajar peserta didik secara online adalah (a) adanya Penjabsim yang membuat sistem ujian online (b) tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung yaitu terdapat labolatorium komputer dan jaringan internet yang berupa hotspot/wifi di setiap ruangan dan (c) laman ujian online berbentuk web sehingga mudah dipahami dan digunakan. Faktor penghambatnya adalah (a) koneksi internet yang lambat (b) masih sering terjadi gangguan pada koneksi internet dan (c) memerlukan waktu lama untuk mengajar pendidik dalam mengupload soal pada server. (6) Alternatif pemecahan terhadap hambatan yang muncul adalah (a) menambah koneksi internet pada setiap ruangan (b) adanya tim khusus untuk menangani setiap permasalahan yang muncul ketika pelaksanaan dan (c) memberi training untuk pendidik dalam mengupload soal. Saran untuk penelitian ini ditujukan kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang yaitu hendaknya sistem ujian online dapat digunakan di seluruh sekolah menengah di Kota Malang (2) Kepala SMK Negeri 5 Malang hendaknya mengembangkan sistem ujian online secara kontinyu untuk meminimalisir terjadinya gangguan dan menambahkan tes subjektif pada sistem (3) untuk orangtua peserta didik SMK Negeri 5 Malang agar memberikan fasilitas kepada anaknya terkait dengan teknologi untuk dipelajari dan digunakan sesuai dengan kebutuhan (4) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya penelitian ini dapat dijadikan tambahan referensi untuk mendukung pengembangan ilmu manajemen pendidikan dan (5) untuk peneliti lain seyogyanya penelitian ini dapat menjadi referensi untuk melakukan penelitian dengan cara mengembangkannya berdasarkan aspek dan latar belakang yang berbeda yang nantinya dapat bermanfaat untuk diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3584

Actions (login required)

View Item View Item