Manajemen penyelenggaraaan program kelas olahraga (studi kasus di SMP Negeri 02 Batu) / Agustina Tri Mujiyantii - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen penyelenggaraaan program kelas olahraga (studi kasus di SMP Negeri 02 Batu) / Agustina Tri Mujiyantii

Mujiyanti, Agustina Tri (2014) Manajemen penyelenggaraaan program kelas olahraga (studi kasus di SMP Negeri 02 Batu) / Agustina Tri Mujiyantii. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mujiyanti Agustina Tri. 2014. Manajemen Penyelenggaraan Program Kelas Olahraga (Studi Kasus di SMP Negeri 02 Batu). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si (II) Asep Sunandar S.Pd M.AP. Kata Kunci manajemen kelas olahraga Inovasi pendidikan merupakan suatu gagasan atau ide untuk menghasilkan produk baru dalam hal peningkatan mutu pendidikan. Inovasi pendidikan yang telah dilakukan oleh lembaga pendidikan diantaranya seperti inovasi pembelajaran dengan metode PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan) adanya program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) program akselerasi sebagai program percepatan belajar penggunaan CCTV (Closed Circuit Television) di sekolah sebagai salah satu cara melakukan pengawasan terhadap proses pembelajaran peserta didik dan masih banyak lagi inovasi yang telah dikembangkan lembaga pendidikan. Salah satu inovasi terbaru yang dilakukan lembaga pendidikan adalah Penyelenggaraan Program Kelas Olahraga. Program ini dibuat agar peserta didik yang memiliki prestasi dan bakat khusus di bidang olahraga dapat dibina lebih dalam lagi dengan memberikan penambahan ekstra jam pelajaran untuk materi olahraga. Melalui program tersebut diharapkan tidak hanya kemampuan akademik saja yang dapat menjadi keunggulan tetapi prestasi di luar akademik pun diharapkan dapat diunggulkan sehingga kemampuan akademik dan non-akademik bisa menjadi seimbang. Penelitian ini memiliki fokus yaitu (1) Penyelenggaraan kelas olahraga di SMP Negeri 02 Batu yang meliputi proses penerimaan peserta didik baru prinsip penyelenggaraan program kelas olahraga dan perencanaan biaya dan fasilitas (2) kriteria ketuntasan peserta didik kelas olahraga di SMP Negeri 02 Batu (3) permasalahan seputar penyelenggaraan kelas olahraga di SMP Negeri 02 Batu dan (4) alternatif pemecahan masalah dalam penyelenggaraan kelas olahraga di SMP Negeri 02 Batu. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus karena melalui studi kasus penelitian ini dapat fokus pada fenomena yang akan diteliti serta dapat mengembangkan pengetahuan baru secara mendalam yang berkaitan dengan kelas olahraga. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data yaitu (1) triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data (2) pengecekan anggota dan (3) meningkatkan ketekunan. Temuan penelitian yang dihasilkan yaitu (1) Proses penerimaan peserta didik baru kelas olahraga di SMP Negeri 02 Batu dilakukan dengan membentuk panitia PPDB tersendiri dan mengadakan seleksi khusus yang berbeda dengan kelas reguler (2) prinsip penyelenggaraan program kelas olahraga di SMP Negeri 02 Batu terbagi menjadi dua yaitu untuk proses belajar mengajar di dalam kelas dan untuk proses latihan di lapangan. Proses belajar mengajar di dalam kelas didasarkan pada prinsip pengembangan KTSP (PP Nomor 81A Tahun 2013) sedangkan proses latihan di lapangan didasarkan pada interval kelas peserta didik dan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan (3) perencanaan biaya dan fasilitas dalam penyelenggaraan kelas olahraga di SMP Negeri 02 Batu dilakukan dengan membentuk kerjasama kepada berbagai pihak. Untuk pembiayaan kelas olahraga bekerjasama dengan paguyuban Pos Arnero. Sedangkan untuk fasilitas penunjang kelas olahraga bekerjasama dengan pemerintah serta masyarakat (4) kriteria ketuntasan peserta didik kelas olahraga di SMP Negeri 02 Batu terdiri dari dua kriteria yaitu kriteria ketuntasan belajar di dalam kelas dan kriteria ketuntasan latihan di lapangan. Kriteria ketuntasan belajar di dalam kelas menggunakan penilaian yang sama dengan kelas reguler sedangkan untuk kriteria ketuntasan latihan di lapangan dinilai setiap tiga bulan sekali dengan mengadakan tes perkembangan aktif (5) permasalahan seputar penyelenggaraan kelas olahraga di SMP Negeri 02 Batu terjadi karena tiga faktor yaitu adanya permasalahan dalam pembiayaan dan fasilitas operasional permasalahan yang dihadapi peserta didik kelas olahraga di dalam kelas dan permasalahan yang dihadapi pendidik yang memberikan pembelajaran di dalam kelas (6) alternatif pemecahan masalah dalam penyelenggaraan kelas olahraga di SMP Negeri 02 Batu yang telah dilakukan yaitu dengan melakukan kerjasama antara sekolah dan paguyuban Pos Arnero memberikan modul dan tugas tambahan bagi peserta didik serta melakukan pendekatan perorangan maupun berkelompok dengan orangtua/wali murid peserta didik dan juga pendidik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu hasil penelitian ini dapat menjadi masukan agar lebih optimal dalam mendukung terlaksananya penyelenggaraan program kelas olahraga khususnya dalam mendukung dan memfasilitasi kegiatan operasional kelas olahraga (2) Kepala SMP Negeri 02 Batu diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan penyelenggaraan kelas olahraga agar menjadi lebih baik lagi (3) Guru Kelas Olahraga diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi untuk pengoptimalan profesional mengajar guru (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber referensi bagi penelitian dalam lingkup yang sama yaitu terkait dengan manajemen kurikulum kelas olahraga di sekolah (5) Peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan penelitian yang sejenis pada berbagai aspek lain dengan latar yang berbeda yang nantinya memiliki manfaat untuk diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3583

Actions (login required)

View Item View Item