Keefektivan peran guru sebagai pendidik dan bendahara BOS di SDN Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Purwanti Wahyuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektivan peran guru sebagai pendidik dan bendahara BOS di SDN Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Purwanti Wahyuningtyas

Wahyuningtyas, Purwanti (2014) Keefektivan peran guru sebagai pendidik dan bendahara BOS di SDN Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Purwanti Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuningtyas Purwanti. 2014. Keefektivan Peran Guru sebagai Pendidik dan Bendahara BOS di SDN Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd M.Si (II) Raden Bambang Sumarsono S.Pd M.Pd Kata kunci keefektivan peran guru pendidik BOS Sekolah merupakan instansi pendidikan yang mempunyai keterkaitan antar komponen yang ada di sekolah. Salah satu komponen penting yang menunjang berlangsungnya proses pembelajaran di sekolah adalah guru. Guru merupakan tenaga pendidik yang mempunyai tugas membimbing mengajar mengarahkan siswanya agar bisa menjadi anak yang mampu bersaing di era globalisasi ini. Seiring dengan berjalan waktu tugas guru yang dulu sebagai pendidik kini bertambah sebagai pengelola keuangan sekolah yang bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dana BOS sendiri ada sejak bulan Juli 2005 merupakan program pemerintah untuk membantu percepatan dan penuntasan program Wajib Belajar 9 tahun yang bermutu. Saat ini bagi sebagian besar sekolah dan madarasah dana BOS merupakan pemasukan terbesar yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan peran guru sebagai pendidik dan peran guru sebagai bendahara BOS serta untuk mengetahui tingkat keefektivan guru dalam melaksanakan peran utama sebagai pendidik serta peran tambahan sebagai bendahara BOS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan populasi seluruh guru yang mempunyai tugas tambahan sebagai bendahara BOS. Penelitian ini menggunakan variabel tunggal karena hanya mengukur tingkat keefektivan peran guru sebagai pendidik dan bendahara BOS. Metode pengambilan sampelnya adalah sampling jenuh karena jumlah dari populasi pada penelitian ini kurang dari 30 guru. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan peran guru sebagai pendidik mempunyai mean sebesar 59 dan nilai rubrik sebesar 61 artinya guru sudah melaksanakan tugas pendidik dengan efektif meskipun terkadang ada tugas yang tidak dapat dilaksanakan oleh guru namun tidak mengganggu jalannya proses pembelajaran. Pelaksanaan peran guru sebagai bendahara BOS mempunyai mean sebesar 54 07 dan nilai rubrik sebesar 83 artinya tugas guru sebagai bendahara BOS berjalan dengan sangat efektif hal ini menunjukkan bahwa meskipun bukan sebagai tugas utama guru namun guru melaksanakannya dengan baik dan sungguh-sungguh sedangkan untuk peran guru sebagai pendidik dan sekaligus sebagai bendahara BOS mempunyai mean sebesar 113 3 dan nilai rubrik sebesar 37 hal ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik dan bendahara BOS secara bersamaan berjalan dengan tidak efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwatugas guru sebagai pendidik dan bendahara BOS secara bersama-sama tidak efektif. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah (1) Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pengadaan tenaga administrasi dalam bidang keuangan khususnya di tingkat sekolah dasar (2) kepala sekolah agar kepala sekolah dapat mengetahui bahwa tugas tambahan sebagai bendahara BOS bukanlah hal yang mudah untuk dilaksanakan oleh guru sehingga kepala sekolah dapat membantu guru menyelesaikan tugasnya sebagai bendahara BOS misalnya dengan memberi tugas kepada guru lain untuk membantu atau lebih memaksimalkan peran operator sekolah yang tidak hanya membantu bendahara dalam pelaporan online tetapi juga dalam pengerjaan laporan (3) guru yang mempunyai tugas tambahan sebagai bendahara BOS agar hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan guru tentang pelaksanaan kedua peran yang harus dilakukan meskipun saat kedua peran (pendidik dan bendahara BOS) dilakukan secara bersamaan tidak berjalan efektif. Namun seharusnya guru tidak mengorbankan kegiatan belajar mengajar serta dapat menyelesaikan tugas sebagai bendahara BOS dengan baik (4) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk mereka yang ingin meneliti permasalahan yang berkaitan dengan penelitian ini (5) Peneliti lain dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3580

Actions (login required)

View Item View Item