Pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV semester II Madrasah Ibtidayah Ulul Al Bab Bojonegoro / Eko Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV semester II Madrasah Ibtidayah Ulul Al Bab Bojonegoro / Eko Susanto

Susanto, Eko (2012) Pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV semester II Madrasah Ibtidayah Ulul Al Bab Bojonegoro / Eko Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media CD Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Pengembangan media CD Interaktif ini merupakan suatu media yang dapat menjadi salah satu alternatif pilihan dalam memberikan suatu pembelajaran yang dulunya hanya memakai metode ceramah dan buku teks. Kondisi nyata di Madrasah Ibtidaiyah Ulul Albab Bojonegoro memiliki fasilitas seperti komputer namun fasilitas tersebut belum maksimal pemanfaatannya dalam pembelajaran. Oleh karena itu media pembelajaran CD Interaktif ini dapat menjadi salah satu pilihan guru dalam memberikan materi yang dalam pembelajaran ini tentang energi panas dan bunyi perubahan kenampakan bumi dan sumber daya alam. Dengan begitu siswa akan merasa senang dan lebih terpacu dalam belajar dengan menggunakan media pembelajaran ini. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran CD Interaktif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan dan peningkatan partisipasi dan motivasi belajar siswa. Pengembangan dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Ulul Albab Bojonegoro. Pengambilan data yang digunakan meliputi instrumen angket untuk ahli media ahli materi audiens dan hasil tes belajar untuk subyek penelitian. Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilalui guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut adalah sebagai berikut (1) identifikasi kebutuhan (2) analisis yang tujuan (3) pengembangan materi (4) mengembangkan alat evaluasi (5) produksi (6) menyusun petunjuk pemanfaatan (7) validasi (8) revisi. Hasil pengembangan media pembelajaranCD Interaktif. Media tersebut divalidasikan pada ahli media ahli materi dan siswa. CD Interaktif ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 79% ahli materi mencapai tingkat kevalidan 90% uji perseorangan mencapai tingkat kevalidan 92 5% uji kelompok kecil mencapai tingkat kevalidan 91 2% uji lapangan mencapai tingkat kevalidan 91 5%. Berdasarkan hasil pengembangan telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran CD Interaktif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Semester II Madrasah Ibtidaiyah Ulul Albab Bojonegoro valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. ii Saran yang diajukan hendaknya produk CD interaktif yang dihasilkan ini dapat ditindak lanjuti dalam kegiatan pengembangan sebagai media variasi pada penyampaian mata pelajaran. Selain itu dapat dijadikan media pembelajaran yang dapat meningkatan partisipasi dan motivasi belajar bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item View Item