Analisis kebutuhan guru Sekolah Luar Biasa se-Kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2014/2015-2018/2019 / Eka Febriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kebutuhan guru Sekolah Luar Biasa se-Kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2014/2015-2018/2019 / Eka Febriani

Febriani, Eka (2014) Analisis kebutuhan guru Sekolah Luar Biasa se-Kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2014/2015-2018/2019 / Eka Febriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Febriani Eka. Analisis Kebutuhan Guru Sekolah Luar Biasa Se-Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2014/2015-2018/2019. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd (II) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin MPd. Kata Kunci proyeksi peserta didik proyeksi kebutuhan guru. Kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari dua subyek yaitu guru dan peserta didik. Seiring berjalannya waktu jumlah peserta didik makin lama makin mengalami peningkatan yang cukup banyak. Namun di sisi lain jumlah guru mengalami penurunan. Ketidakseimbangan antara jumlah peserta didik dan jumlah guru yang berakibat pada proses pembelajaran yang berlangsung di kelas kurang mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Selain jumlah guru yang mengalami penurunan guru yang ada belum semuanya memiliki kompetensi dan kualifikasi yang semestinya dimiliki oleh guru Sekolah Luar Biasa (SLB). Agar kebutuhan guru untuk SLB bisa terpenuhi maka peneliti melakukan penelitian tentang kebutuhan guru SLB se-Kabupaten Lamongan dalam kurun waktu 5 tahun mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui rasio jumlah guru dan peserta didik (2) untuk menganalisis proyeksi jumlah peserta didik SLB se-Kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2014/2015-2018/2019 dan (3) untuk menyajikan proyeksi guru spesialisasi SLB se-Kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2014/2015-2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-proyektif dengan dua variabel (X) tahun berkala (Y) tahun mendatang. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis trend parabola. Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel 2010 Windows Home Premium 32bit dan Casio Super-FX (fx-3950P). Berdasarkan hasil penelitian rasio jumlah guru dan peserta didik di SLB se-Kabupaten Lamongan sudah baik. Untuk proyeksi peserta didik dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan jumlah peserta didik walaupun ada juga proyeksi peserta didik yang mengalami penurunan. Proyeksi peserta didik selama 5 tahun mendatang mengalami kenaikan rata-rata 5 67% dan untuk proyeksi peserta didik yang mengalami penurunan rata-rata mencapai 0 15%.Keseluruhan rata-rata jumlah guru yang dibutuhkan 5 tahun mendatang dari jenjang SDLB sebesar 18 56% jenjang SMPLB sebesar 11 25% dan untuk jenjang SMALB sebesar 28 43%. Berdasarkan pada hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa rasio jumlah guru dan jumlah peserta didik SLB di masing-masing jenjang sudah layak. Besarnya jumlah peserta didik yang terdaftar akan terus meningkat sedangkan jumlah guru yang ada kurang memadai untuk proses pembelajaran di kelas. Selama 5 tahun ke depan proyeksi guru spesialisasi dari berbagai jenjang SLB akan terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Penelitian ini hanya mencakup SLB se-Kabupaten Lamongan sebagai objek penelitian dikarenakan beberapa tahun terakhir jumlah peserta didik berkebutuhan khusus terus mengalami kenaikan tetapi tidak diimbangi dengan jumlah guru yang memadai untuk proses pembelajaran di kelas. Saran dalam penelitian ini ditujukan bagi (1) Kepala Dinas Pendidikan Lamongan agar hasil penelitian ini dijadikan sebagai tolok ukur untuk menetapkan rencana pembangunan (2) Kepala Sekolah Luar Biasa agar hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran mengenai kebutuhan guru SLB yang sejauh ini masih mengalami kekurangan guru spesialisasi (3) guru sebaiknya hasil penelitian ini digunakan untuk terus meningkatkan keterampilan keahlian kompetensi dan kreatifitas diri (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang hendaknya digunakan sebagai bahan pustaka dan melengkapi bahan informasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan serta (5) peneliti lain agar dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan faktor lain atau fenomena yang belum diteliti dalam penelitian ini seperti faktor lain yang menyebabkan kenaikan peserta didik berkebutuhan khusus se-Kabupaten Lamongan membuat penelitian yang relevan dengan penelitian ini untuk SLB lain serta membuat penelitian tentang analisis kompetensi guru spesialisasi untuk SLB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3578

Actions (login required)

View Item View Item