Kartikasari, Lusy (2014) Hubungan manajemen kelas dengan motivasi dan minat belajar siswa di SDN se Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar / Lusy Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kartikasari Lusy. 2013. Hubungan Manajemen Kelas dengan Motivasi dan Minat Belajar Siswa di SDN se Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sultoni M.Pd (II) Sunarni S.Pd M.Pd. Kata kunci manajemen kelas motivasi minat belajar 12288 12288 12288 12288 Kegiatan manajemen kelas ditujukan pada kegiatan yang menciptakan dan menjaga kondisi yang optimal bagi terselenggaranya Proses Belajar Mengajar (PBM). Manajemen kelas di SD merupakan bagian dari kegiatan pendidikan pada umumnya yang menciptakan pola aktivitas yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi kelas. Guru-guru akan menciptakan kondisi kelas tertentu untuk menciptakan bakat dan kreativitas dari peserta didik. Kegiatan guru dalam mengelola kelas meliputi kegiatan mengelola tingkah laku siswa menciptakan iklim sosio-emosional dan mengelola proses kelompok sehingga keberhasilan guru dalam menciptakan kondisi yang memungkinkan. Apabila manajemen kelas baik menandakan PBM berlangsung secara efektif. Di samping itu guru harus dapat mempengaruhi siswa untuk belajar dan menerima stimulus dengan tanggapan yang positif pada akhirnya akan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa secara teori guru mampu mengelola kelasnya akan meningkatkan PBM yang pada akhhirnya motivasi belajar siswa akan meningkat. Untuk menarik minat siswa dalam memahami konsep-konsep yang tercakup dalam kurikulum secara keseluruhan tidaklah mudah. Guru dituntut mampu memiliki dan menggunakan media pengajaran sesuai dengan materi yang akan di sajikan dituntut mampu menggunakan metode mengajar secara simultan untuk menghidupkan suasana pengajaran dengan baik. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan manajemen kelas motivasi belajar siswa dan minat belajar siswa mendeskripsikan hubungan manajemen kelas dengan motivasi belajar siswa dan hubungan manajemen kelas dengan minat belajar siswa di SDN Kecamatan Kesamben. Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional dengan model analisis jalur (path analysis) yaitu suatu model penelitian yang menitikberatkan pada masalah atau peristiwa yang sedang berlangsung dengan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang situasi dan kondisi yang ada. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V (lima) SDN se Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dengan jumlah populasi 769 siswa dan sampel 231 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson dan analisis regresi linier sederhana. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan penelitian ini ditemukan bahwa manajemen kelas yang dilakukan oleh guru di SDN se Kecamatan Kesamben berada dalam kategori baik motivasi belajar siswa berada dalam kategori tinggi dan minat belajar siswa di berada dalam kategori sangat tinggi. Ada hubungan dan pengaruh yang antara manajemen kelas dan motivasi belajar siswa di SDN se Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Ada hubungan dan pengaruh antara manajemen kelas dan minat belajar siswa di SDN se Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Ada hubungan dan pengaruh minat belajar dan motivasi belajar siswa di SDN se Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan diantaranya (1) bagi guru dengan mengetahui hasil penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan minat belajar siswa yang tidak lain adalah motivasi instrinsik yang berada dalam diri siswa guru harus dapat menggunakan pendekatan-pendekatan dalam manajemen kelas antara lain pendekatan pengubahan tingkah laku pendekatan iklim sosioemosional dan pendekatan proses kelompok secara maksimal serta guru harus memperhatikan faktor-faktor lain yang dinilai mempengaruhi motivasi belajar siswa dan minat belajar siswa (2) bagi Kepala Sekolah dengan melihat hasil penelitian dan kesimpulan maka disarankan bagi Kepala Sekolah untuk melakukan supervisi secara rutin dan pengawasan terhadap guru-guru kelas supaya guru lebih mengoptimalkan cara mengelola kelas yang baik dan membangkitkan minat serta motivasi belajar siswa (3) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan agar menambah kajian ilmu manajemen pendidikan khususnya yang berkaitan dengan bidang manajemen kelas dan (4) bagi peneliti lain hendaknya melakukan penelitian yang lebih lanjut mengenai variabel manajemen kelas motivasi belajar dan minat belajar siswa dengan populasi yang berbeda serta memperkaya teori-teori yang digunakan dalam penelitian selanjutnya. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3575 |
Actions (login required)
View Item |