Hubungan persepsi dan ekspektasi dengan kepuasan nasabah asuransi pendidikan di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang / Suci Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi dan ekspektasi dengan kepuasan nasabah asuransi pendidikan di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang / Suci Handayani

Handayani, Suci (2014) Hubungan persepsi dan ekspektasi dengan kepuasan nasabah asuransi pendidikan di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang / Suci Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Handayani Suci. 2014. Hubungan Persepsi dan Ekspektasi dengan Kepuasan Nasabah Asuransi Pendidikan di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang . Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Setyadin M.Pd (II) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. Kata Kunci persepsi ekspektasi dan kepuasan nasabah asuransi pendidikan Pendidikan merupakan tanggungjawab bersama yaitu pemerintah sekolah dan orangtua. Sebagai orangtua wajib memberikan bimbingan dan kesempatan kepada anak-anaknya untuk memperoleh pendidikan yang layak dengan tujuan jaman. Permasalahan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia belakangan ini adalah rendahnya mutu pendidikan yang berakibat pada rendahnya kualitas sumber daya manusia Indonesia. Tinggi-rendahnya mutu pendidikan tidak terlepas dari peran orangtua dalam dunia pendidikan. Salah satu peran orangtua dalam pendidikan anak adalah menanggung biaya pendidikan. Pendidikan anak dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan orangtua maka para orangtua mulai menabung/menginvestasikan sebagian pendapatannya untuk biaya pendidikan yang semakin meningkat seiring berkembangnya IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Masyarakat dapat memilih suatu asuransi untuk merencanakan dan memenuhi kebutuhan pendidikan anak mendatang dapat dilihat dari persepsi dan ekspektasi mereka terhadap asuransi. Persepsi dan ekspektasi masyarakat atau nasabah yang baik memungkinkan masyarakat mempunyai kepuasan terhadap suatu asuransi yang dipilihnya karena suatu persepsi dan ekspektasi mengenai suatu hal pastinya akan menimbulkan suatu sikap. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) tingkat persepsi nasabah terhadap Asuransi Pendidikan di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang (2) tingkat ekspektasi nasabah terhadap Asuransi Pendidikan di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang (3) tingkat kepuasan nasabah terhadap Asuransi Pendidikan di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang (4) hubungan persepsi dan ekspektasi dengan kepuasan nasabah Asuransi Pendidikan di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang. Penelitian ini menggunakan motode kuantitatif dan rancangan penelitian yang digunakan yaitu dekriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah asuransi pedidikan di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang dengan jumlah 68.000 orang dan sampel 398 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi. Kesimpulan yang diperoleh yaitu (1) persepsi nasabah asuransi terhadap asuransi pendidikan di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang yang berada pada kategori tinggi (2) ekspektasi nasabah asuransi terhadap asuransi pendidikan di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang termasuk dalam kategori tinggi (3) kepuasan nasabah asuransi terhadap asuransi pendidikan di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang termasuk dalam kategori tinggi (4) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dan ekspektasi dengan kepuasan nasabah asuransi terhadap asuransi pendidikan di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang. Apabila persepsi dan ekpektasi nasabah asuransi pendidikan tinggi maka kepuasan yang ditunjukkan nasabah asuransi pendidikan juga akan tinggi. Begitu juga sebaliknya apabila persepsi dan ekpektasi nasabah asuransi pendidikan rendah maka kepuasan yang ditunjukkan nasabah asuransi pendidikan juga rendah. Implikasi Penelitian ini adalah (1) Memperhatikan hasil penelitian bahwa persepsi dan ekspektasi terhadap asuransi pendidikan termasuk dalam kategori tinggi maka persepsi dan ekspektasi yang tinggi itu menunjukkan kesadaran para orangtua murid dalam tanggungjawab membiayai pendidikan melalui lembaga keuangan semacam asuransi. Implikasi dari kesadaran yang sedemikian tinggi menjadi peluang bagi setiap murid untuk dapat menentukan pilihan sekolah lebih lanjut sesuai dengan minat dan bakatnya tanpa dibebani oleh persoalan pembiayaan sekolahnya. Hal ini disebabkan oleh kesadaran sejak dini dari orangtua dalam merencanakan pembiayaan pendidikan bagi anak-anaknya (2) Mengingat ekspektasi nasabah memiliki hubungan lebih besar dengan kepuasan nasabah asuransi pendidikan daripada persepsi kiranya perlu adanya sosialisasi dari pihak Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Kantor Wilayah Malang.yang lebih banyak dan lebih baik lagi kepada masyarakat (3) Tingkat kepuasan nasabah asuransi pendidikan dapat menjadi landasan bagi pihak Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Kantor Wilayah Malang untuk lebih memperhatikan meningkatkan mutu dan kualitas asuransi pendidikan yang pada akhirnya dapat meningkatkan asuransi pendidikan yang lebih baik lagi. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini diantaranya bagi (1) Pimpinan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang hendaknya dapat mensosialisasikan akan pentingnya asuransi pendidikan dan lebih mengenalkan kepada masyarakat luas mengenai asuransi pendidikan akan perencanaan suatu biaya pendidikan yang lebih baik bagi keluarganya (2) Nasabah Asuransi Pendidikan/Masyarakat agar lebih memperhatikan dan menyikapi akan pentingnnya suatu pendidikan sehingga dapat merencanakan sejak dini mengenai biaya pendidikan karena salah satu tercapainya pendidikan yang berkuaitas tenntunya tidak terlepas dengan adanya perencanaan pembiayaan pendidikan yang baik pula (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan bahan informasi atau kajian dan literatur dalam mengembangkan pengetahuan dalam bidang manajemen pembiayaan manajemen sarana dan prasaranan dan manajemen hubungan dengan masyarakat (Humas).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3573

Actions (login required)

View Item View Item