Peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik melalui pengembangan e-modul berbasis canva pada elemen sistem informasi dan komunikasi organisasi / Aurellia Natasya Winar</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik melalui pengembangan e-modul berbasis canva pada elemen sistem informasi dan komunikasi organisasi / Aurellia Natasya Winar</p>

Winar, Aurellia Natasya (2024) Peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik melalui pengembangan e-modul berbasis canva pada elemen sistem informasi dan komunikasi organisasi / Aurellia Natasya Winar</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fokus utama pendidikan adalah mendorong minat belajar dan hasil belajar peserta didik. Hal ini mendorong upaya kreatif untuk menciptakan sumber belajar yang menarik termasuk pembuatan e-modul menggunakan Canva. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertujuan untuk menciptakan bahan ajar e-modul dengan memanfaatkan Canva menilai kelayakan bahan ajar melalui validasi oleh para ahli mengetahui hasil belajar dan minat belajar siswa kelas X MP SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari Malang. Penelitian ini menerapkan pendekatan ADDIE yang terdiri dari lima tahap (Analisis Desain Pengembangan Implementasi dan Evaluasi) serta menggabungkan teknik pengolahan data kuantitatif dan kualitatif. Produk yang dikembangkan memperoleh persentase 98% dan dinyatakan ldquo Sangat Valid rdquo oleh validator yang berarti bahan ajar layak untuk dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran. Temuan penelitian mengungkapkan adanya perbedaan signifikan dalam hasil belajar dan minat belajar antara peserta didik yang memanfaatkan e-modul dan yang tidak. Hal ini ditunjukan dari perolehan skor rata-rata pada minat belajar sebesar 84% dan hasil belajar dengan rata-rata 85 25 pada kelas eksperimen yang lebih unggul dari perolehan skor kelas kontrol. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa e-modul berbasis Canva pada elemen sistem informasi dan komunikasi organisasi di kelas X dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/357285

Actions (login required)

View Item View Item