Persepsi siswa tentang pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Singosari / Fajar Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa tentang pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Singosari / Fajar Novita Sari

Fajar Novita (2011) Persepsi siswa tentang pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Singosari / Fajar Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kompetensi Profesional Guru Kompetensi Pedagogik Guru Prestasi Belajar. Kompetensi guru adalah seperangkat penguasaan kemampuan yang harus ada dalam diri guru agar dapat mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efektif sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kompetensi guru diantaranya adalah kompetensi profesional kompetensi pedagogik kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang (1) kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa (2) kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa (3) Kompetensi profesional guru dan kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singosari tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik (random sampling) sehingga diperoleh sampel berjumlah 53 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompetensi Profesional guru (X1) Kompetensi Pedagogik guru (X2) dan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis Regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh (1) terdapat pengaruh positif signifikan antara kompetensi profesioal guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Singosari sebesar 0 416 (2) terdapat pengaruh positif signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Singosari sebesar 0 562 (3) terdapat pengaruh positif signifikan antara kompetensi profesional guru dan kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Singosari sebesar 0 885 Disarankan kepada (1) pihak kepala sekolah agar tetap memberikan pengawasan dan pembinaan terhadap guru agar dapat memaksimalkan kompetensi yang dimilikinya (2) pihak guru lebih meningkatkan kompetensinya sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa serta prestasi siswa (3) untuk siswa diharapkan lebih meningkatkan prestasi belajar baik secara konseptual maupun praktis tentang pembelajaran akuntansi. (5) peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35708

Actions (login required)

View Item View Item