Saragi, Renna Lufita (2014) Kontribusi manajemen peserta didik dalam meningkatkan kesejahteraan peserta didik di lingkungan Sekolah Menengah Atas Antartika Sidoarjo / Renna Lufita Saragi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Saragi R.L. 2013. Kontribusi Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kesejahteraan Peserta Didik di Lingkungan Sekolah Menengah Atas Antartika Sidoarjo. Skripsi jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sultoni M.Pd (II) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd. Kata kunci manajemen kesejahteraan peserta didik Setiap manusia memiliki berbagai macam kebutuhan sebagai komponen penentu tingkat kesejahteraannya. Peserta didik yang merupakan bagian dari masyarakat dan salah satu komponen utama kegiatan pendidikan di sekolah memiliki hak untuk mendapatkan kesejahteraan. Manajemen peserta didik memiliki peranan untuk mengatur segala kegiatan di sekolah yang berkaitan langsung dengan peserta didik. Manajemen peserta didik yang memiliki peranan untuk mengatur segala kegiatan di sekolah yang berkaitan langsung dengan peserta didik termasuk kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan kesejahteraan peserta didik. Berkaitan dengan hal tersebut Sekolah Menengah Atas Antartika (SMA) Sidoarjo memiliki program yang dapat meningkatkan kesejahteraan peserta didik ketika menempuh pendidikan di sekolah. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) bentuk program layanan kesejahteraan peserta didik (b) manajemen kegiatan peserta didik dalam memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan peserta didik (c) kontribusi program kegiatan manajemen peserta didik dalam rangka memberikan kesejahteraan peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu studi kasus. Lokasi penelitian di Jalan Siwalan Panji Nomor 6 Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini informannya antara lain kepala SMA Antartika Sidoarjo wakil kepala kesiswaan SMA Antartika Sidoarjo penanggung jawab layanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pembina ekstrakurikuler futsal pembina ekstrakurikuler Bimbingan Karya Tulis (BKT) serta peserta didik SMA Antartika Sidoarjo. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara observasi dan dokumen yang berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data display data dan verifikasi data/kesimpulan. Pengecekan keabsahan yang digunakan adalah melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Peneliti melakukan triangulasi terhadap data yang didapat melalui wawancara antar informan dan triangulasi antara wawancara observasi dan dokumen. Hasil penelitian ini adalah kesejahteraan peserta didik di SMA Antartika Sidoarjo terdiri dari (1) beasiswa berprestasi dan bantuan pendidikan bagi peserta didik kurang mampu ekstrakurikuler layanan kesehatan UKS sarana wi-fi dan gazebo (2) pelaksanaan kegiatan kesejahteraan peserta didik dimulai dengan pengenalan kegiatan kepada peserta didik peserta didik memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat yang dimiliki. Kegiatan dilaksanakan sebanyak satu hingga dua kali seminggu (3) kontribusi yang diberikan berupa peserta didik melalui kegiatan ektrakurikuler mendapatkan penghasilan sendiri mengembangkan bakat yang dimiliki hingga menjadi atlit profesional atau atlit kabupaten serta dapat melanjutkan pendidikan ke perkuliahan melalui jalur prestasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disarankan kepada (1) Kepala SMA Antartika Sidoarjo untuk lebih memperhatikan pelaksanaan dan fasilitas yang dimiliki oleh setiap kegiatan ekstrakurikuler serta penyediaan tenaga ahli untuk layanan UKS sehingga pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dan UKS dapat berjalan dengan baik dan maksimal (2) Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Antartika Sidoarjo yang dapat dijadikan pertimbangan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan untuk melakukan evaluasi (3) koordinator layanan UKS untuk memperbaiki layanan kesehatan dalam hal jadwal petugas jaga UKS (4) peneliti lain dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam penelitian sejenis dengan latar belakang dan pendekatan yang berbeda yang nantinya dapat bermanfaat untuk diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3570 |
Actions (login required)
View Item |