Manajemen pendidikan karakter pada sekolah bersama (studi multikasus Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Malang dan Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang) / Novia Putri Yuliandaru - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pendidikan karakter pada sekolah bersama (studi multikasus Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Malang dan Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang) / Novia Putri Yuliandaru

Yuliandaru, Novia Putri (2014) Manajemen pendidikan karakter pada sekolah bersama (studi multikasus Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Malang dan Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang) / Novia Putri Yuliandaru. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yuliandaru Novia Putri. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter pada Sekolah Berasrama (Studi Multikasus Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Malang dan Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. (II) Dr. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci manajemen pendidikan karakter sekolah berasrama. Pendidikan tidak hanya bertujuan mencerdaskan peserta didik saja namun membentuk kepribadian atau karakter peserta didik Indonesia yang bernafas nilai-nilai luhur bangsa serta agama. Sekolah berasrama merupakan tempat yang sangat strategis dalam mengembangkan membentuk dan melatih karakter peserta didik melalui penanaman nilai-nilai moral. Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 10 Malang dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang merupakan sekolah negeri yang menggunakan manajemen pendidikan karakter dengan sekolah berasrama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan manajemen pendidikan karakter pada sekolah berasrama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi multikasus dengan metode eksploratif yang digunakan untuk menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa . Dalam penelitian ini dilakukan tanpa mengisolasi subjek penelitian dan dilakukan secara langsung di lapangan. Pengumpulan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara observasi dan studi dokumentasi. Proses analisis data dalam penelitian ini berbentuk siklus meliputi pengumpulan data display data reduksi data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Adapun tahapannya sebagai berikut (1) tahap I analisis data kasus individu (individu case) (2) tahap II analisis data lintas kasus (cross case analysis). Temuan penelitian yang dilakukan pada SMAN 10 Malang dan MAN 3 Malang menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama perencanaan pendidikan karakter diantaranya (1) sekolah melakukan perencanaan pendidikan karakter pada awal tahun ajaran baru. Program ini dilakukan tiap tahun bersamaan dengan merencanakan dan mengevaluasi program pendidikan karakter (2) setiap perencanaan program dilandasi dan dikembangkan berdasarkan visi dan misi sekolah (3) dalam kegiatan perencanaan pendidikan karakter melibatkan semua guru sekolah untuk bersama-sama menyusun program pendidikan karakter. Kedua pengorganisasian pendidikan karakter diantaranya (1) mempunyai satu struktur organisasi yang menangani pelaksanaan pendidikan karakter (2) program pendidikan karakter yang telah disusun harus mendapatkan persetujuan dari semua pihak sekolah (3) kepala sekolah memberikan motivasi kepada bawahannya (4) pelaksanaan pendidikan karakter tidak hanya dikembangkan oleh pengurus sekolah namun dari organisasi siswa. Ketiga pelaksanaan pendidikan karakter diantaranya (1) kegiatan pelaksanaan pendidikan karakter diawali dengan pemilihan nilai-nilai karakter yang mengacu pada visi dan misi sekolah (2) setiap sekolah memiliki keunikan dari nilai-nilai karakter yang dikembangkan (3) pemilihan metode pendidikan karakter yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan program (4) metode pendidikan karakter dapat diberikan melalui pengintegrasian secara langsung melalui mata pelajaran di sekolah (5) memupuk melalui kegiatan positif di sekolah baik keteladanan fasilitas dan pengembangan keterampilan akademik (kegiatan ekstrakurikuler). Keempat pengawasan pendidikan karakter diantaranya (1) pengawasan pelaksanaan pendidikan karakter melibatkan semua komponen sekolah (guru orang tua staf sekolah) (2) pengawasan dilakukan dalam pengamatan perilaku siswa dalam keseharian di kegiatan sekolah dan rumah (3) bekerjasama dengan orang tua untuk memantau perkembangan karakter siswa (4) bekerjasama dengan pengurus asrama tatib wali kelas dan guru (5) evaluasi pencapaian perkembangan karakter diberikan melalui penilaian akademik yaitu nilai raport siswa. Berdasarkan kesimpulan penelitian dapat disarankan bagi (1) Kepala Kementerian Agama Kota Malang diharapkan turut mengembangkan perluasan dan kualitas pendidikan karakter pada sekolah berasrama agar penerapan nilai-nilainya mengarah pada akhlakul karimah (2) Kepala Dinas Kota Malang agar lebih meningkatkan pengawasan pelaksanaan pendidikan karakter di setiap sekolah manajemen pendidikan karakter efektif jika menggunakakn sistem sekolah berasrama maka diperlukan pedoman dan hasil-hasil yang terkait dengan kebijakan pendidikan karakter hasil penelitian ini dapat disosialisasikan pada penerapan pendidikan karakter di tingkat sekolah atas (3) Kepala SMAN 10 Malang dan MAN 3 Malang agar menyelenggarakan kegiatan pendidikan karakter dengan memperhatikan nilai pendidikan karakter yang perlu dikembangkan untuk siswa diharapkan seluruh peserta didik dapat tinggal di asrama agar lebih maksimal dalam pelaksanaan pendidikan karakter (4) Ketu Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM perlu dikaji lebih lanjut tentang peran manajemen pendidikan dalam pengembangan pendidikan karakter teori keilmuan tentang manajemen pendidikan karakter agar terimplikasi dalam mata kuliah (5) Guru SMAN 10 Malang dan MAN 3 Malang diharapkan guru lebih memberikan dorongan dan tauladan secara konsisten kepada peserta didik untuk dapat bertumbuh dalam karakter iman peduli tanggungjawab disiplin dan cinta tanah air (6) Penliti lain perlu melakukan penelitian yang mendalam dengan menfokuskan sisi lain tentang keunikan pendidikan karakter sehingga memperkaya hasil-hasilriset bertopik manajemen pendidikan karakter meneliti sekolah atau madrasah berasrama dengan meninjau topik-topik lain di bidang manajemen pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3569

Actions (login required)

View Item View Item