Nugrohandito, Guruh Sukmo (2014) Pengaruh pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap motivasi dan minat belajar siswa di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung / Guruh Sukmo Nugrohandito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nugrohandito Guruh Sukmo. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi dan Minat Belajar Siswa SMAN 1 Boyolangu. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Setyadin M.Pd (II) Dr. H. A. Yusuf Sobri S.Sos M.Pd Kata kunci teknologi informasi dan komunikasi minat motivasi Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah suatu kegiatan belajar-mengajar di mana guru memanfaatkan TIK (seperti slide presentasi/power point yang diproyeksikan melalui LCD projector mendayagunakan email menggunakan informasi digital mendayagunakan flash video dan CD menggunakan animasi pembelajaran) dalam penyampaian bahan pelajaran yang disajikan kepada siswa. Dalam proses belajar-mengajar yang berperan penting di dalamnya adalah guru dan siswa. Salah satu tolok ukur keberhasilan dalam pembelajaran di sekolah adalah prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa itu sendiri juga dipengaruhi oleh beberapa aspek salah satunya adalah motivasi dan minat belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menemukan tingkat motivasi belajar siswa mengungkap tingkat minat belajar siswa dan mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis TIK terhadap tingkat motivasi dan minat belajar siswa di SMAN 1 Boyolangu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif-korelasional kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dengan populasi sebanyak 274 dan sampel penelitian sebanyak 163. Teknik yang digunakan dalam menentukan anggota sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling (memberi peluang yang sama satu kali kepada anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel). Data penelitian yang berupa hasil pengisian angket yang dibagikan pada siswa Kelas 11 SMAN 1 Boyolangu. Analisis Data menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis jalur. Berdasarkan hasil analisi dapat diketahui bahwa rata-rata nilai kemampuan guru dengan jumlah 107 (65 64%) dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK dengan jumlah 114 (69 94%) termasuk dalam kategori tinggi. Untuk rata-rata nilai tingkat motivasi belajar yang berasal dari dalam diri siswa dengan jumlah 128 (78 53%) dan motivasi belajar yang berasal dari luar diri siswa dengan jumlah 120 (73 62%) termasuk dalam kategori tinggi. Rata-rata nilai tingkat minat belajar yang dipengaruhi dari dalam diri siswa dengan jumlah 104 (63 80%) dan minat belajar yang dipengaruhi dari luar diri siswa dengan jumlah 109 (66 87%) termasuk dalam kategori tinggi. Pembelajaran berbasis TIK mempunyai hubungan linear terhadap motivasi yaitu sebesar 0 360. Pembelajaran berbasis TIK juga mempunyai hubungan linear dengan minat belajar yaitu sebesar 0 286 motivasi belajar juga mempunyai hubungan linear dengan minat belajar yaitu sebesar 0 503. Dengan adanya pengaruh motivasi belajar terhadap minat belajar maka terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan pembelajaran berbasis TIK terhadap minat belajar yaitu sebesar 0 181 sehingga pengaruh total pembelajaran berbasis TIK terhadap minat adalah 0 467. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis TIK terhadap motivasi dan minat belajar siswa SMAN 1 Boyolangu Tulungagung. Implikasi hasil penelitian ini yaitu perlu mempertahankan motivasi siswa yang tinggi dengan dibukanya program pelatihan TIK terhadap guru agar kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran berbasis TIK dapat berjalan lancar perlu mempertahankan minat belajar siswa yang tinggi dengan terus menerapkan pembelajaran berbasis TIK dan menjaga agar fasilitas yang ada bisa terawat dengan baik perlu memaksimalkan pemanfaatan website sekolah oleh guru yang berhalangan masuk untuk memberikan materi atau tugas. Saran (1) Kepala SMAN 1 Boyolangu hendaknya mempertahankan penerapan pembelajaran berbasis TIK di sekolah menghimbau pada seluruh warga sekolah untuk menjaga fasilitas yang sudah ada dan membuka pelatihan TIK kepada guru agar lebih memaksimalkan pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK (2) Guru SMAN 1 Boyolangu hendaknya dalam proses belajar-mengajar mampu memanfaatkan media pembelajaran yang ada agar lebih maksimal dalam memberikan materi terhadap siswa. Guru yang berhalangan masuk agar lebih memaksimalkan website sekolah untuk memberikan tugas pada siswa (3) Ketua Jurusan AP FIP UM hendaknya memaksimalkan penerapan pembelajaran berbasis TIK dalam semua mata kuliah agar mahasiswa bersemangat dalam belajar dan materi yang disampaikan bisa dimengerti mahasiswa (4) Peneliti lain penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya. Apabila ingin melakukan penelitian sejenis baiknya meneliti dengan subjek dan fokus yang berbeda yaitu seperti meneliti pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3568 |
Actions (login required)
View Item |