Hubungan latar belakang pendidikan dan masa kerja dengan kinerja pengawas Sekolah Dasar (SD) se-kabupaten Pasuruan / Sri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan latar belakang pendidikan dan masa kerja dengan kinerja pengawas Sekolah Dasar (SD) se-kabupaten Pasuruan / Sri Lestari

Lestari, Sri (2014) Hubungan latar belakang pendidikan dan masa kerja dengan kinerja pengawas Sekolah Dasar (SD) se-kabupaten Pasuruan / Sri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Sri. 2013. Hubungan Latar Belakang Pendidikan dan Masa Kerja dengan Kinerja Pengawas Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd M.Si (II) Raden Bambang Sumarsono M.Pd. Kata kunci latar belakang pendidikan masa kerja dan kinerja pengawas SD. Pengawas Sekolah sebagai salah satu unsur tenaga kependidikan memiliki peran yang penting dan strategis dalam keseluruhan upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya dalam meningkatkan mutu dan kinerja sekolah. Pengawas sekolah merupakan tenaga kependidikan yang memiliki peranan sangat penting dalam membina kemampuan profesional tenaga pendidik tenaga administrasi sekolah dan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah. Pengawas Sekolah juga berfungsi sebagai supervisor akademik dan supervisor manajerial. Kinerja pengawas merupakan unjuk kerja atau prestasi kerja yang dicapai oleh pengawas yang mengacu pada tugas pokok dan fungsinya kreatifitas dan aktifitasnya dalam proses kepengawasan komitmen dalam melaksanakan tugas hasil karya tulis ilmiah yang berdampak terhadap peningkatan prestasi sekolah di bawah binaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pendidikan pengawas SD mendeskripsikan masa kerja pengawas SD mendeskripsikan tingkat kinerja Pengawas SD mengetahui hubungan antara latar belakang pendidikan dan kinerja pengawas SD mengetahui hubungan antara masa kerja dan kinerja pengawas SD dan mengetahui hubungan antara latar belakang pendidikan dan masa kerja dengan kinerja pengawas SD se-Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan populasi pengawas SD se-Kabupaten Pasuruan. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh (total sampling) dengan jumlah responden sebanyak 64 pengawas SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap sebagai berikut persiapan pelaksanaan pengolahan data dan pelaporan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan pengawas SD di Kabupaten Pasuruan sebagian besar didominasi pendidikan magister masa kerja pengawas SD di Kabupaten Pasuruan sebagian besar didominasi antara 9 tahun 4 bulan-13 tahun 1 bulan tingkat kinerja pengawas SD di kabupaten pasuruan memiliki kualifikasi tinggi ada hubungan antara latar belakang pendidikan dan kinerja pengawas SD ada hubungan antara masa kerja dan kinerja pengawas SD dan ada hubungan antara latar belakang pendidikan dan masa kerja dengan kinerja pengawas SD se-Kabupaten Pasuruan. Saran penelitian ini adalah Bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan sebagai lembaga yang menaungi pengawas SD se-Kabupaten Pasuruan hendaknya mempertahankan kinerja pengawas dan memberi penghargaan kepada pengawas yang memiliki kinerja tinggi sehingga dapat meningkatkan lembaga dan kualitas pendidikan bagi Pengawas SD Kabupaten Pasuruan Pengawas SD Kabupaten Pasuruan hendaknya mempertahankan kinerja serta meningkatkan kesadaran diri bahwa pengawas memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah binaannya. Pengawaslah yang berperan penting dalam pembinaan dan supervisi baik supervisi akademik maupun supervisi manajerial kepada Guru Kepala Sekolah dan tenaga administrasi sekolah sehingga mereka juga dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan benar sesuai arahan yang diberikan oleh pengawas sekolah dan bagi peneliti lain yang berminat dan tertarik oleh hasil penelitian ini maka diharapkan dapat mengkaji lebih lengkap mampu menyempurnakan penelitian ini dan dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini antara lain motivasi kerja disiplin kerja dan efektivitas kinerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3566

Actions (login required)

View Item View Item