Siti Hosnul (2010) Pengelolaan dana pendidikan untuk rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) (Studi kasus di SMP Negeri 1 Pamekasan) / Siti Hosnul Hotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pembelajaran media motivasi belajar hasil belajar Masalah belajar dipengaruhi motivasi dan hasil belajar. Perkembangan teknologi media berbasis komputer telah berpotensi besar dalam merubah cara seseorang untuk belajar untuk memperoleh informasi menyesuaikan informasi dan sebagainya. Media akan dapat membawa kita pada situasi belajar dimana learning with effort akan digantikan dengan learning with fun. Jadi proses pembelajaran yang menyenangkan kreatif dan tidak membosankan akan cenderung memotivasi siswa dalam belajar sehingga akan diperoleh hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pemanfaatan CD pembelajaran berbasis adobe flash terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang dalam proses pembelajaran akuntansi (2) pengaruh pemanfaatan CD pembelajaran berbasis adobe flash terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang dalam proses pembelajaran akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian sampel dua kelas yang dilakukan kepada 75 siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 di SMA Negeri 6 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Uji Beda Dua Sampel Independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan CD pembelajaran berbasis adobe flash dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 25 070 ttabel 1 675 dan (2) CD pembelajaran berbasis adobe flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 2 038 ttabel 1 666. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa CD pembelajaran berbasis adobe flash dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah (1) hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi sekolah untuk memperbaiki sistem pembelajaran dan fasilitas sekolah sehingga terjadi perbaikan pada kualitas pembelajaran yang inovatif dan kreatif (2) para guru harus meningkatkan kemampuan mengajar yang lebih kreatif dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar sehingga hasil belajar (tujuan belajar) dapat dicapai secara optimal (3) motivasi belajar yang tinggi akan memacu individu untuk mencapai hasil terbaik yang diinginkannya sehingga hal tersebut akan menimbulkan kepercayaan diri yang tinggi akan kemampuan individu tersebut dan kepuasan akan hasil yang diperoleh melalui proses belajarnya dan (4) bagi penelitian selanjutnya yang akan mengadakan penelitian sejenis melaksanakan pembelajaran dengan media interaktif berbasis komputer dengan fasilitas laboratorium komputer/multimedia sehingga terjadi interaksi antara siswa dengan sumber belajar pengukuran motivasi belajar siswa dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan diberikan dan penelitian sebaiknya tidak dilaksanakan di satu sekolah saja sehingga diperoleh hasil uji komparatif yang dapat digeneralisasikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Dec 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35653 |
Actions (login required)
View Item |