Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Malang / Retno Dwi Pangesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Malang / Retno Dwi Pangesti

Retno Dwi (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Malang / Retno Dwi Pangesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode Pembelajaran Kooperatif Model TSTS (Two Stay Two Stray) Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal dikatahui bahwa metode pembelajaran yang masih digunakan oleh guru adalah metode pembelajaran konvensional. Model pembelajaran seperti ini masih belum memberikan hasil yang maksimal terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu penulis berusaha melalui penelitian ini untuk dapat menghidupkan suasana kelas menjadi lebih aktif sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran yang menarik dan jarang atau bahkan tidak pernah digunakan oleh guru selama proses pembelajaran sebelumnya yaitu metode pembelajaran kooperatif model TSTS (Two Stay Two Stray). Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPS 2 SMAN 4 Malang pada semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Data yang diambil berupa peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang diambil dengan menggunakan lembar observasi pre-test dan post-test di setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar pada siklus I sebesar 62 33% menjadi 91 50% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum diberikan tindakan nilai pre-test sebesar 57 83% dengan ketuntasan belajar klasikal 36 11% pada nilai post-test I menunjukkan rata-rata sebesar 70 34% dengan ketuntasan belajar klasikal 40 62% dan pada siklus kedua nilai post-test II naik sebesar 89 55% dengan ketuntasan belajar klasikal 87 88%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model TSTS (Two Stay Two Stray) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka disarankan kepada para guru akuntansi agar menerapkan metode pembelajaran kooperatif model TSTS (Two Stay Two Stray) ini pada materi akuntansi berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35644

Actions (login required)

View Item View Item