Penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) pada mata diklat akuntansi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK SMK PGRI 4 Pasuruan / Olviyan Afriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) pada mata diklat akuntansi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK SMK PGRI 4 Pasuruan / Olviyan Afriyani

Olviyan (2010) Penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) pada mata diklat akuntansi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK SMK PGRI 4 Pasuruan / Olviyan Afriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Aktivitas Hasil Belajar Siswa Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru mata diklat dapat disimpulkan bahwa masalah yang teridentifikasi antara lain siswa kurang aktif menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru siswa tidak berani bertanya atau kurang bisa mengungkapkan pendapat rendahnya ketekunan sebagian siswa dalam menyelesaikan tugas serta kurangnya partisipasi siswa dalam diskusi. Aktivitas belajar siswa yang kurang difasilitasi selama pembelajaran di kelas akan menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan pembaharuan terhadap pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa salah satunya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif TGT. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara menerapkan pembelajaran TGT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK . instrumen yang digunakan adalah tes pedoman wawancara catatan lapangan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor untuk keseluruhan aspek aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 70 75% dan dinyatakan dalam taraf keberhasilan baik. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16 07% hal ini ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata keseluruhan aspek aktivitas sebesar 86 82% dengan taraf keberhasilan sangat baik. Analisis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa kelas XI AK yang dinyatakan tuntas belajar sebesar 88 63% dan 11 36% dinyatakan belum tuntas belajar. Pada siklus II tingkat ketuntasan belajar siswa kelas XI AK meningkat sebesar 91% menjadi 97 73% Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan bahwa dalam menerapkan metode TGT guru harus lebih merata dan teliti dalam mengelola kelas supaya setiap siswa dalam kelompok dapat lebih aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran. Siswa hendaknya bisa lebih aktif lagi dalam kegiatan pembelajaran serta peneliti harus dapat membagi waktu yang tepat dan mengelola kelas dengan baik agar tahapan dalam penelitian dapat terlaksana dengan baik dan selesai tepat waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35642

Actions (login required)

View Item View Item