Yeti Yuni (2010) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) dengan learning cycle (LC) 5E untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tumpang / Yeti Yuni Yatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Metode Two Stay Two Stray (TSTS) Learning Cycle (LC) 5E Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Kegiatan pembelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri I Tumpang masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dan hanya sedikit siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang memperoleh skor rendah dan belum memenuhi standar ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 8805 70. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS)-Learning Cycle (LC) 5E diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri I Tumpang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri I Tumpang semester 1 tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus dengan materi Persamaan Dasar Akuntansi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara observasi tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan presentase skor aktivitas dan hasil belajar aspek kognitif dan aspek afektif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase skor rata-rata aktivitas siswa mencapai 85 61%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan persentase rata-rata nilai aspek kognitif siswa mencapai 38 9%. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat dikemukakan antara lain (1) Bagi sekolah yang diteliti Pembelajaran Kooperatif metode Two Stay Two Stray (TSTS)-Learning Cycle (LC) 5E dapat menjadi alternative pertimbangan dalam upaya perbaikan strategi pembelajaran yang ada di SMA Negeri I Tumpang (2) Bagi siswa jangan pernah takut dan ragu mengajukan pertanyaan dan mengemukakan pendapat serta aktivitas belajar dan mempersiapkan diri sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung (3) Bagi peneliti lain lakukan penelitian serupa dengan subjek dan materi yang berbeda serta selain meneliti hasil belajar secara kognitif dan afektif teliti juga hasil belajar secara psikomotorik. i
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |