Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (studi pada pengurus organisasi kemahasiswaan) / Novita Retno Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (studi pada pengurus organisasi kemahasiswaan) / Novita Retno Anggraini

Novita Retno (2010) Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (studi pada pengurus organisasi kemahasiswaan) / Novita Retno Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kecerdasan Emosional Kecerdasan Spiritual dan Prestasi Akademik Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan kesuksesan seseorang. Namun kedua hal tersebut kurang dikenal sebagaimana kecerdasan intelektual. Pada kenyataannya kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual memiliki peran penting sebagai penyeimbang untuk prestasi akademik bagi mahasiswa yang memiliki kegiatan lain diluar kegiatan akademik. Kedua kecerdasan tersebut dapat dijadikan sebagai pengontrol kegiatan mahasiswa yang terlalu banyak memiliki kegiatan diluar kegiatan akademik. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Analisis dalam penelitian menggunakan analisis regresi berganda. Variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional (X1) kecerdasan spiritual (X2) dan prestasi akademik (Y). Sampel dari penelitian ini adalah pengurus organisasi kemahasiswaan jurusan Akuntansi angkatan 2007 yang menjadi pengurus periode tahun 2008 dan 2009. Seluruh sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 mahasiswa. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan angket untuk variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual serta dokumentasi untuk prestasi akademik. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik dengan nilai signifikansi sebesar 0 037. Secara simultan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0 03 serta berpengaruh sebesar 25 8% terhadap prestasi akademik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan beberapa hal diantaranya adalah (1) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan menambah variabel lain selain kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual apabila akan mengambil masalah serupa karena terbukti kedua faktor tersebut bukanlah faktor yang berpengaruh banyak terhadap prestasi akademik mahasiswa (2) Selain menambahkan variabel bebasnya peneliti selanjutnya mungkin bisa memperluas sampel bukan hanya pengurus organisasi mahasiswa tetapi mungkin untuk mahasiswa Jurusan Akuntansi atau tetap pada pengurus organisasi kemahasiswaan namun pada lingkup Fakultas Ekonomi tidak hanya untuk mahasiswa Jurusan Akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35636

Actions (login required)

View Item View Item