Penerapan pembelajaran kooperatif model stad (Student teams-achievment division) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Raysa Resti Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model stad (Student teams-achievment division) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Raysa Resti Maharani

Raysa Resti (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model stad (Student teams-achievment division) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Raysa Resti Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif STAD dan Kualitas Proses Pembelajaran. Pembelajaran kooperatif model STAD dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa menjadikan siswa lebih aktif dalam berkomunikasi dan pembelajaran kooperatif model STAD merupakan variasi dalam pembelajaran agar pembelajaran tidak monoton dengan hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa tidak merasa bosan Penelitian dilakukan untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran pada mata diklat siklus akuntansi pada pokok bahasan neraca saldo dan jurnal penyesuaian. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran setelah diadakan pembelajaran kooperatif model STAD pada mata diklat siklus akuntansi (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diadakan pembelajaran kooperatif model STAD pada mata diklat siklus akuntansi. (3) untuk mengetahui bagaimanakah tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran metode kooperatif model pada mata diklat siklus akuntansi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas X AK SMK PGRI 2 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes panduan observasi format penilaian dan angket untuk siswa. Penelitian ini menggunakan dua siklus dimana dalam setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Dalam tindakan siklus I proses adaptasi dan sosialisasi siswa sudah baik meskipun ada beberapa siswa yang masih enggan untuk mengemukakan pendapatnya. Pada tindakan siklus II keaktifan siswa sudah sangat baik dibandingkan dengan siklus I banyak siswa yang sebelumnya tidak berani bertanya kini berani bertanya jika ada yang tidak dimengerti. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) pembelajaran kooperatif model STAD sangat bermanfaat bagi siswa karena model tersebut telah terbukti dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa sehingga bagi guru mata diklat siklus akuntansi dan guru mata diklat lainnya dapat menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD ini pada pokok bahasan lain yang memenuhi karakteristik yang sama dengan pokok bahasan neraca saldo dan jurnal penyesuaian. (2) prestasi atau hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model STAD mengalami peningkatan di mana diketahui pada tindakan siklus I nilai post test siswa meningkat dibanding nilai pre test mereka namun kelas belum memenuhi syarat ketuntasan belajar karena yang tuntas belajar masih di bawah batas minimum presentase ketuntasan belajar kelas. Pada tindakan siklus II nilai post test siswa meningkat dibandingkan nilai pre test mereka. Diketahui bahwa dalam tindakan siklus II ini kelas telah memenuhi taraf ketuntasan belajar dimana presentase siswa yang tuntas belajar di atas batas minimum presentase ketuntasan belajar kelas. Dari penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model STAD saran yang dapat dikemukakan diantaranya (1) bagi guru guru hendaknya lebih meningkatkan motivasi siswa untuk berpikir lebih aktif dalam memecahkan suatu masalah saling bekerjasama antar siswa dan memberikan bimbingan pada siswa untuk memecahkan suatu masalah.(2) bagi siswa siswa hendaknya lebih meningkatkan kreatifitas mereka untuk berfikir lebih maju dan berani mengungkapkan pendapat. Selain itu siswa diharapkan dapat saling bekerjasama dalam suatu kelompok dan berusaha menghargai orang lain.(3) bagi peneliti selanjutnya penulis mengharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti-peneliti selanjutnya dalam penulisan karya ilmiahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35634

Actions (login required)

View Item View Item