Pengaruh motivasi belajar dan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dalam pembelajaran akuntansi terhadap kemampuan berpikir kritie pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Malang / Weny Dwi Oktaria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar dan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dalam pembelajaran akuntansi terhadap kemampuan berpikir kritie pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Malang / Weny Dwi Oktaria

Weny Dwi (2010) Pengaruh motivasi belajar dan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dalam pembelajaran akuntansi terhadap kemampuan berpikir kritie pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Malang / Weny Dwi Oktaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Motivasi Belajar Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Kemampuan Berpikir Kritis. Motivasi pada umumnya merupakan dorongan dalam diri seseorang untuk berusaha mengadakan perubahan tingkah laku yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhannya. Motivasi belajar memiliki peran dalam perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penyusunan pertanyaan dengan pembelajaran konstruktivistik mampu mengkonstruksi pengetahuan siswa terhadap mata pelajaran akuntansi dan diharapkan siswa dapat membangun sendiri konsep pengetahuan pengalaman dan keahlian yang dimlikinya. Berdasarkan uraian tersebut maka penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dalam pembelajaran akuntansi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 9 Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Skala yang digunakan adalah skala likert dengan 4 (empat) pilihan jawaban. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 9 Malang pada pembelajaran akuntansi. Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 9 Malang pada pembelajaran akuntansi. Motivasi belajar dan pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dalam pembelajaran akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 9 Malang. Nilai Adjusted R Square sebesar 0 11 menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar dan pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) secara bersama-sama mempengaruhi kemampuan berpikir siswa sebesar 11%. Sedangkan sisanya 89% dipengaruhi veriabel lain di luar penelitian. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Guru hendaknya lebih memperhatikan motivasi siswa dan menggunakan berbagai strategi atau pola yang dapat memberdayakan pertanyaan dalam proses pembelajaran. (2) Sekolah hendaknya selalu mendukung motivasi belajar siswa dengan menyediakan sarana dan prasarana dan menjadikan pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) menjadi alternatif pembelajaran pada mata pelajaran akuntansi mamupun mata pelajaran lainnya. (3) Siswa hendaknya senantiasa untuk meningkatkan motivasi belajarnya dan mengikuti pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dengan baik dan penuh konsentrasi. (4) Bagi peneliti lain disarankan menggunakan wilayah populasi dan sampel yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35632

Actions (login required)

View Item View Item