Implementasi program perencanaan berbasis data (PBDB) dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan (studi kasus di SMA Negeri 1 Tuban) / Wahyu Oktody</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi program perencanaan berbasis data (PBDB) dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan (studi kasus di SMA Negeri 1 Tuban) / Wahyu Oktody</p>

Oktody, Wahyu (2024) Implementasi program perencanaan berbasis data (PBDB) dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan (studi kasus di SMA Negeri 1 Tuban) / Wahyu Oktody</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu fokus utama dalam pengembangan sistem pendidikan nasional. Salah satu upaya pemerintah dalam mencapai tujuan tersebut yaitu melalui program Perencanaan Berbasis Data (PBD). Program PBD tersebut bertujuan dalam menunjang mutu pendidikan di seluruh satuan pendidikan dengan berdasar pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Program PBD muncul sebagai solusi inovatif yang mengintegrasikan penggunaan data dalam proses perencanaan pendidikan. Program PBD dihadirkan untuk membantu satuan pendidikan dalam melakukan perencanaan pendidikan dengan memanfaatkan data yang akurat dan relevan yang diperoleh melalui kegiatan Assesmen Nasional (AN) yang diselenggarakan pemerintah. Kegiatan AN tersebut menghasilkan output berupa Rapor Pendidikan yang ditindak lanjuti melalui proses PBD yang meliputi kegiatan Identifikasi Refleksi dan Benahi (IRB) Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses implementasi program Perencanaan Berbasis Data (PBD) di SMA Negeri 1 Tuban (2) mengetahui hambatan yang dihadapi dalam proses implementasi Program Perencanaan Berbasis Data (PBD) di SMA Negeri 1 Tuban (3) mengetahui dampak dari implementasi program Perencanaan Berbasis Data (PBD) terhadap mutu pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 1 Tuban. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini yakni kepala sekolah wakil kepala kurikulum guru operator sekolah dan peserta didik. Peneliti merupakan instrumen dalam penelitian ini. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Dengan informasi-informasi yang diperoleh saat melakukan penelitian di lapangan maka dapat diketahui tentang implementasi program PBD dalam upaya peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Untuk menjaga keabsahan data peneliti memperpanjang kehadiran melakukan triangulasi dan pengecekkan anggota. Kegiatan analisis data yang merupakan tahap pengolahan data yang telah diperoleh saat penelitian yang bertujuan untuk memperoleh pemahaman hasil temuan dan dapat disampaikan kepada orang lain kemudian diolah melalui tahap pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelititan sebagai berikut (1) implementasi program PBD dilaksanakan melalui serangkaian kegiatan yang meliputi kegiatan sosialisasi PBD dari dinas pendidikan dan sekolah kegiatan simulasi dan gladi bersih AN pelaksanaan kegiatan AN pengunduhan dan pemahaman hasil rapor pendidikan kegiatan IRB berdasar dari rapor pendidikan perumusan kegiatan sekolah dalam bentuk RKT dan RKAS yang berdasar pada rapor pendidikan persetujuan dari seluruh pihak terkait RKT dan RKAS yang telah ditetapkan (2) Hambatan selama pelaksanaan meliputi pelaksanaan AN yang terdapat kendala pada server jenis soal yang tidak relevan pemilihan peserta didik secara acak yang kurang relevan dalam menggambarkan kompetensi seluruh peserta didik dan waktu penyusunan RKT dan RKAS yang bersamaan dengan jadwal kegiatan sekolah lainnya (3) dampak dari implementasi program PBD yang dirasakan sekolah meliputi perbaikan pada proses perencanaan sekolah serta perbaikan pada mutu pendidik dan tenaga kependidikan Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada (1) Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Tuban diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan guna untuk mempertahankan serta mengoptimalkan implementasi program PBD dalam menunjang mutu pendidikan di seluruh satuan pendidikan terutama pada jenjang SMA di Kabupaten Tuban (2) Kepala SMAN 1 Tuban diharapkan lebih mengoptimalkan pelaksanaan PBD terutama pada perancangan kegiatan agar lebih melibatkan seluruh stakeholder sekolah untuk mendapatkan data tambahan berupa masukan terkait program yang akan dirancang serta anggaran yang tersedia (3) Pendidik dan Tenaga Kependidikan diharapkan mampu meningkatkan kemampuan serta keterampilan melalui pemanfaatan rapor pendidikan melalui proses PBD (4) peneliti selanjutnya diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi kajian rekomendasi dan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya serta perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait berbagai faktor penghambat dalam pelaksanaan PBD di satuan pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/356284

Actions (login required)

View Item View Item