Pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru akuntansi dan fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri I Loceret Nganjuk / Rinawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru akuntansi dan fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri I Loceret Nganjuk / Rinawati

UNSPECIFIED (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru akuntansi dan fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri I Loceret Nganjuk / Rinawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci persepsi siswa kinerja guru fasilitas sekolah prestasi belajar. Pendidikan dalam suatu negara merupakan suatu usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Pada dasarnya yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan antara lain guru siswa sarana dan prasarana lingkungan pendidikan kurikulum. Dari beberapa faktor tersebut guru dalam proses pembelajaran di sekolah menempati kedudukan yang tidak kalah penting dengan tidak mengabaikan faktor penunjang yang lain. Proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik apabila didukung oleh guru yang mempunyai kompetensi dan kinerja tinggi. Selain kinerja guru fasilitas sekolah yang meliputi sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor penentu mutu pendidikan dalam suatu negara. Ketersediaan fasilitas yang mencukupi maka siswa dapat lebih mudah dan lancar dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap hasil belajar itu sendiri. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru dan fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Kinerja guru dan fasilitas sekolah yang diteliti menggunakan persepsi siswa untuk mengetahui cara pandang siswa tentang kinerja gurunya dan fasilitas yang disediakan sekolah dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri I Loceret Nganjuk tanggal 1 Februari - 3 Maret 2010. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Loceret. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial yang digunakan adalah regresi berganda yang dihitung dengan menggunakan bantuan SPSS for windows. Berdasarkan analisis statistik deskriptif diketahui bahwa persepsi siswa tentang kinerja guru akuntansi adalah baik dan persepsi siswa tentang fasilitas sekolah adalah cukup baik. Berdasarkan analisis regresi berganda ditemukan bahwa uji F menunjukkan nilai F 53 405. Kesimpulannya persepsi siswa tentang kinerja guru dan fasilitas sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN I Loceret. Selain itu diperoleh nilai R2 0 524 atau 52 4% merupakan kontribusi dari persepsi siswa tentang kinerja guru akuntansi dan fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN I Loceret. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan sebaiknya dilakukan penelitian yang serupa dengan sub-variabel yang digunakan sebagai indikator variabel persepsi siswa tentang kinerja guru menggunakan referensi yang terbaru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35611

Actions (login required)

View Item View Item