Manajemen kurikulum dan pembelajaran di sekolah inklusif (studi kasus di SMK Negeri 2 Malang) / Hebby Yuda Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum dan pembelajaran di sekolah inklusif (studi kasus di SMK Negeri 2 Malang) / Hebby Yuda Pratama

Pratama, Hebby Yuda (2013) Manajemen kurikulum dan pembelajaran di sekolah inklusif (studi kasus di SMK Negeri 2 Malang) / Hebby Yuda Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratama Hebby Yuda. 2013. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran di Sekolah Inklusif (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Malang). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (2) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd. Kata kunci manajemen kurikulum pembelajaran sekolah inklusif 12288 12288 12288 12288 Pendidikan merupakan salah satu sarana wajib bagi setiap individu untuk mengembangkan potensinya. Oleh karena itu setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan dalam kehidupannya. Hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat 1 yang menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan . Dalam penyelenggaraan pendidikan saat ini diperlukan adanya perluasan peluang atau kesempatan pendidikan kepada setiap orang tidak terkecuali bagi mereka yang tergolong Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Setiap individu memiliki potensinya masing-masing termasuk di dalamnya anak yang berkebutuhan khusus baik itu yang terlihat maupun yang tidak terlihat secara kasat mata. Dalam diri manusia terdapat kekuatan fisik maupun mental yang merupakan suatu potensi yang dapat dikembangkan sesuai dengan kelebihan maupun kekurangan pada setiap individu masing-masing. 12288 12288 12288 12288 Sekolah inklusif adalah sekolah reguler yang menampung peserta didik yang berkebutuhan khusus untuk mengikuti pembelajaran di kelas seperti anak normal pada umumnya. Penyelenggaraan pendidikan inklusif merupakan terobosan baru untuk mengatasi masalah pendidikan bagi anak yang memiliki kelainan atau kecerdasan luar biasa tanpa harus ada pemisahan dengan anak normal lainnya. Keberhasilan suatu pendidikan tidak terlepas dari salah satu komponen pendidikan yaitu kurikulum dan pembelajaran. Kurikulum serta model pembelajaran dirancang dan dikelola berdasarkan kebutuhan serta disesuaikan dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum dan pembelajaran inklusif yang ada di SMK Negeri 2 Malang. Sub fokus penelitian ini meliputi (1) perencanaan dan pengembangan kurikulum dan pembelajaran inklusif (2) penyusunan kalender pendidikan sekolah inklusif (3) penyusunan jadwal pelajaran (4) perencanaan pembelajaran inklusif (5) pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran inklusif dan (6) pengawasan pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran inklusif di SMK Negeri 2 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Malang dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) wawancara terstruktur (2) observasi non-partisipatif dan (3) analisis dokumen. Data yang terkumpul dari ketiga teknik tersebut diorganisasi dan dianalisis. Keabsahan data dicek dengan menggunakan ketekunan pengamatan teknik triangulasi sumber dan teknik. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan temuan penelitian ini meliputi (1) kegiatan perencanaan kurikulum dilakukan sebelum awal tahun ajaran baru kegiatan tersebut meliputi menyusun kurikulum yang dilanjutkan dengan sosialisasi kurikulum. Pengembangan kurikulum inklusif dengan cara modifikasi substitusi ataupun omisi kurikulum (menghilangkan bagian isi kurikulum dengan mengganti yang lain) (2) kalender pendidikan dirancang oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang di dalamnya memuat pengaturan hari libur umum hari belajar efektif fakultatif libur hari besar serta libur semester. Selanjutnya kalender sekolah dibuat oleh tim pengembang kurikulum dengan mengacu kepada kalender pendidikan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (3) penyusunan jadwal pelajaran dirancang pada awal tahun ajaran baru yang melibatkan wakil kepala sekolah bidang kurikulum tim pengembang kurikulum dan masing-masing ketua program studi (4) perencanaan pembelajaran inklusif diawali dengan asesmen siswa ABK dilanjutkan dengan modifikasi kurikulum yang disesuaikan dengan kondisi siswa (5) kegiatan pembelajaran inklusif dilakukan dengan model pull out yaitu pada mata pelajaran normatif dan adaptif di ruang inklusif dan mata pelajaran produktif di kelas reguler dan (6) pengawasan kurikulum dan pembelajaran dilakukan oleh pihak dari internal (sekolah sendiri) maupun dari eksternal (pihak luar sekolah). Pengawasan pembelajaran inklusif dilakukan sepenuhnya oleh Koordinator Guru Pendamping Khusus yang dibantu oleh tim inklusif. Pengawasan tidak hanya dilaksanakan di lingkungan sekolah tetapi juga di rumah bekerja sama dengan orang tua atau wali. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan sebagai berikut (1) bagi kepala sekolah dan manajer inklusif untuk menyediakan ruang inklusif yang lebih luas dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan agar anak lebih bisa bereksplorasi dengan bakat dan minatnya selain di bidang kejuruan (2) bagi Guru Pendamping Khusus diharapkan untuk senantiasa mempertahankan jalinan komunikasi dan kerjasama yang baik antar sesama guru dan orangtua siswa dalam memantau perkembangan peserta didik dan senantiasa memperkaya pengetahuan dan menambah referensi dalam pengelolaan pembelajaran inklusif (3) bagi Ketua Jurusan AP diharapkan bisa dijadikan pertimbangan untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan tentang manajemen kurikulum inklusif sebagai salah satu wujud pendalaman ilmu manajemen pendidikan (4) bagi mahasiswa lain untuk dapat dijadikan referensi tambahan dalam mengembangkan ilmu kurikulum pendidikan dan (5) bagi peneliti lain dapat melanjutkan penelitian yang sejenis pada berbagai aspek lain yang bermanfaat dari manajemen pendidikan inklusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3561

Actions (login required)

View Item View Item