Pengaruh persepsi siswa tentang variasi metode mengajar guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 2 Malang / Wahyu Iswanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang variasi metode mengajar guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 2 Malang / Wahyu Iswanto

Iswanto, Wahyu (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang variasi metode mengajar guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 2 Malang / Wahyu Iswanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi Siswa Tentang Variasi Metode Mengajar Guru Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kegiatan utama proses pendidikan adalah kegiatan belajar mengajar. Individu yang terlibat dalam proses belajar mengajar diharapkan mengalami perubahan baik dalam bidang pengetahuan pemahaman keterampilan nilai maupun sikap. Salah satu permasalahan dalam belajar adalah kurang minatnya siswa dalam mengikuti pelajaran yang disebabkan oleh metode mengajar guru yang sama setiap pertemuan sehingga timbul kejenuhan dalam belajar. Guru memerlukan adanya variasi dalam mengajar yang diintegrasikan dengan pemakaian metode yang bervariasi supaya hasil belajar siswa dapat menunjukkan peningkatan. Selain itu persepsi siswa tentang variasi metode mengajar seorang guru juga sangat berkaitan erat dengan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang variasi metode mengajar guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa serta pengaruh persepsi siswa tentang variasi metode mengajar guru terhadap hasil belajar baik pengaruhnya secara langsung maupun secara tidak langsung siswa kelas XI Jurusan IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 2 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi. Sampel dalam penelitian adalah siswa dari kelas XI D1 dan XI D2 sebanyak 61 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif pengujian asumsi dan analisis jalur path analysis. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa persepsi siswa tentang variasi metode mengajar guru berpengaruh positif secara langsung terhadap motivasi belajar siswa. Sementara itu motivasi belajar siswa juga berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan persepsi siswa tentang variasi metode mengajar guru terhadap hasil belajar berpengaruh positif secara langsung dan tidak langsung (melalui motivasi belajar siswa). Hubungan yang positif antara variabel adalah jika kondisi variabel yang mempengaruhi meningkat maka variabel yang dipengaruhi juga akan meningkat. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan (1) bagi sekolah SMA Negeri 2 Malang dapat mendukung segala sesuatu yang dapat membantu guru untuk melaksanakan variasi metode mengajar guru dalam proses belajar mengajar. (2) Bagi guru mata pelajaran geografi SMA Negeri 2 Malang perlu memaksimalkan potensi untuk dapat berinovasi lagi dalam mengembangkan variasi metode dalam mengajar. (3) Bagi peneliti yang berminat pada permasalahan yang sama untuk lebih memperkuat teori tentang persepsi siswa tentang variasi metode mengajar guru karena merupakan hal yang paling utama dalam mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item