Manajemen kurikulum berbasis informatika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sandhy Putra Malang / Gunawan Widi Prastyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum berbasis informatika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sandhy Putra Malang / Gunawan Widi Prastyo

Prastyo, Gunawan Widi (2013) Manajemen kurikulum berbasis informatika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sandhy Putra Malang / Gunawan Widi Prastyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prastyo Gunawan Widi. 2013. Manajemen Kurikulum Berbasis Informatika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sandhy Putra Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M.Pd. (II) Asep Sunandar S.Pd M.AP. Kata kunci manajemen kurikulum berbasis informatika pengembangan kurikulum informatika Kurikulum adalah suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses berlajar-mengajar di bawah bimbingan dan tanggung jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya. Manajemen kurikulum merupakan kegiatan pengaturan yang meliputi perencanaan pengorganisasian pelaksanaan serta pengawasan atau evaluasi agar proses pendidikan dapat berjalan dan berhasil dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang termasuk di dalamnya sistem informasi ilmu komputer ilmu informasi teknik komputer dan aplikasi informasi dalam SIM. Kurikulum berbasis informatika merupakan integrasi perangkat atau produk informatika dalam kurikulum (baik berupa perangkat keras dan perangka lunak) dengan tujuan mempermudah proses penyampaian informasi (materi ajar) kepada peserta didik sehingga pembelajaran menjadi efektif sekaligus menyenangkan. Dalam penggabungan ini informatika terkait dengan kurikulum terutama sebagai dasar dalam perumusan tujuan pemenuhan bahan pembelajaran strategi pembelajaran dan evaluasi. Manajemen sendiri adalah suatu proses menggerakkan segala sumber daya yang ada agar mencapai tujuan yang diharapkan. Pentingnya manajemen sendiri bagi kurikulum berbasis informatika agar mencapai tujuan pendidikan yang efektif yang berarti mendatangkan hasil yang baik dan tepat sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum berbasis informatika mulai dari perencanaan pelaksanaan hambatan evaluasi dan proses pengembangan kurikulum di SMK Sandhy Putra Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dalam pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Sehingga dapat diperoleh gambaran manajemen kurikulum berbasis informatika di SMK Sandhy Putra Malang. Penelitian menggunakan jenis studi kasus yang pada akhirnya peneliti dapat mendeskripsikan dan menganalisis secara rinci pengelolaan manajemen kurikulum berbasis informatika di SMK Sandhy Putra Malang. Penelitian ini membuktikan bahwa pertama perencanaan kurikulum sekolah dilakukan sesuai dengan kebutuhan sekolah sekarang dan akan datang. Kebutuhan tersebut akan diketahui dari masukan dan saran dari pihak industri. Kedua pelaksanaan kurikulum berbasis informatika sejauh ini tidak ada kendala yang berarti atau masalah besar. Dalam pelaksanaannya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ialah harus berbasis IT dan cara guru menerapkan kurikulum berbasis informatika berbeda-beda namun intinya tetap sama yaitu menggunaka IT. Ketiga Salah satu hal yang perlu dievaluasi dalam kurikulum berbasis informatika ialah implementasi kurikulum jadi kurikulum yang ada harus disinkronkan dengan pengetahuan guru supaya seimbang. Keempat tidak ada hambatan-hambatan yang besar dalam manajemen kurikulum berbasis informatika hanya ada beberapa hambatan kecil dan semuanya masih dalam batasan-batasan yang direncanakan sampai sejauh ini. Salah satunya ialah kompetensi dan kemampuan guru dalam mengajar yang harus selalu ditingkatkan sebab informatika adalah ilmu yang selalu berkembang dan maju. Kelima pengembangannya ialah melalui kegiatan magang misalnya prakerin PKL dan sebagainya. Pengembangannya sendiri melalui masukan-masukan dari pihak industri yang akan diketahui setelah peserta didik magang. Saran yang diberikan berkaitan dengan hasil penelitian yaitu (1) Bagi Kepala SMK Sandhy Putra Malang meningkatkan kualitas manajemen kurikulum berbasis informatika meminimalisir hambatan-hambatan yang ada dan melakukan berbagai pengembangan yang mendukung kemajuan kurikulum berbasis informatika di SMK Sandhy Putra Malang (2) Bagi Guru SMK Sandhy Putra Malang meningkatkan kompetensi dan kemampuan mengajar guru dalam kegiatan belajar mengajar khususnya di bidang informatika (3) Bagi Ketua Jurusan dan Staf Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan penelitian ini menjadi salah satu tambahan pengetahuan khususnya dalam mata kuliah manajemen kurikulum agar nantinnya dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap perkembangan Jurusan Administrasi Pendidikan (4) Bagi Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan penelitian ini dapat menjadikan pengetahuan tambahan tentang manajemen kurikulum khususnya manajemen kurikulum berbasis informatika (5) Bagi Peneliti Lain kepada peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan penelitian yang sejenis pada berbagai aspek lain yang bermanfaat dari manajemen kurikulum berbasis informatika di SMK Sandhy Putra Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3559

Actions (login required)

View Item View Item