Manajemen pengembangan kurikulum pada sekolah berasrama (studi kasus di Sekolah Menengah Pertama Al-Izzah Islamic Boarding School Kota Batu) / Maya Rusmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pengembangan kurikulum pada sekolah berasrama (studi kasus di Sekolah Menengah Pertama Al-Izzah Islamic Boarding School Kota Batu) / Maya Rusmansyah

Rusmansyah, Maya (2013) Manajemen pengembangan kurikulum pada sekolah berasrama (studi kasus di Sekolah Menengah Pertama Al-Izzah Islamic Boarding School Kota Batu) / Maya Rusmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rusmansyah Maya. 2013. Manajemen Pengembangan Kurikulum pada Sekolah Berasrama (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Al-Izzah Islamic Boarding School Kota Batu). Skripsi. Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (2) Prof. Dr. H. M. Huda AY. M.Pd. Kata Kunci Manajemen Pengembangan Kurikulum Sekolah Asrama Kurikulum merupakan sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh murid atau peserta didik dalam suatu periode tertentu. Kurikulum merupakan bahan acuan bagi setiap sekolah untuk mencapai suatu tujuan yang telah direncanakan oleh sekolah. Penerapan konsep pendidikan sekolah dengan asrama atau ma had (boarding) bertujuan sebagai wadah penyemaian ajaran Agama Islam kepada santriwati disamping itu dengan pembelajaran dengan konsep asrama dapat melatih kedisiplinan meningkatkan kemampuan santriwati dan manajemen waktu para santriwati. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang manajemen pengembangan kurikulum yaitu (1) perencanaan pengembangan kurikulum (2) pelaksanaan pengembangan kurikulum (3) pengawasan kurikulum (4) evaluasi kurikulum dan (5) proses perubahan kurikulum di SMP Al-Izzah. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti memiliki peranan yang sangat besar sebagai key instrument (alat peneliti utama). Sumber data yang diambil oleh peneliti yaitu dari kata-kata dan tindakan sumber tertulis rekaman audio dan foto. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi berperan serta (partisipation observation) wawancara dengan menggunakan petunjuk umum dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data display data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Kriteria pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kredibilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data temuan penelitian dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan (1) perencanaan kurikulum di SMP Al-Izzah yaitu meriview kurikulum yang sudah dijalankan penentuan standar proses dan standar isi koordinasi secara intern berupa kegiatan lesson studi penyusunan Prota Promes RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan Silabus. Perencanaan kurikulum diniyah dibagi menjadi tiga tahapan yaitu penyusunan RPP melihat kebutuhan para santri dan asatidz. (2) Pelaksanaan kurikulum di SMP Al-Izzah yaitu menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan kurikulum Cambridge yang dipadukan dengan kurikulum Kepesantrenan Metode pembelajaran yaitu dengan mengaplikasikan secara langsung menggunakan standar proses dan standar isi dari KTSP pendekatan pembelajaran yang digunakan yaitu pendekatan kooperatif kontekstual dan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) strategi pembelajaran yaitu belajar gotong royong (cooperatif learning) dan berbasis masalah sebelum melaksanakan KBM para asatidz harus membuat Prota dan Promes diawal tahun pembelajaran sistem pembelajaran di SMP Al-Izzah yaitu sistem fullday metode langsung (direct method) dan kelas eksplorasi fasilitas yang lengkap dan ideal serta fasilitas pelatihan dan workshop. Pelatihan dapat berupa Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan workshop. Untuk tingkat sekolah pelatihan dapat berupa lesson studi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan inservices-trainning. (3) Pengawasan Kurikulum SMP Al-Izzah yaitu (a) adanya rapat koordinasi sebelum kegiatan pengawasan dilaksanakan (b) pengawasan dilakukan dengan teknik terjun langsung ke lapangan (c) adanya pelaporan hasil pengawasan dan (d) adanya rapat struktural dan rapat direksi untuk menentukan kebijakan dan keputusan untuk pengembangan kurikulum ditahun berikutnya. (4) Evaluasi Kurikulum di SMP Al-Izzah dilakukan setiap hari (dayli plan) mingguan bulanan dan tahunan. Kegiatan evalusi yang dilakukan oleh pihak pengelola yaitu (a) mulai dari guru (b) dilanjutkan kepada kordinator bidang masing-masing mata pelajaran (c) waka kurikulum (d) kepala sekolah dan e) lembaga atau yayasan. Dua bentuk penilaian yang dilakukan oleh pihak pengelola yaitu penilaian proses dan penilaian hasil. (5) Perubahan Kurikulum di SMP Al-Izzah sejauh ini hanya perubahan dan perbaikan untuk fasilitas buku-buku pedoman RPP Silabus dan kedisiplinan guru. Faktor penunjang terdapat di ketersediaan fasilititas yang lengkap dan ideal serta konsep mengasramakan anak di sekolah. Selama di asrama (ma had) pihak sekolah dapat mengkondisikan dan mengetahui perkembangan santri selama 24 jam penuh. Faktor penghambat yang sering dihadapi oleh pihak yaitu masalah koordinasi antara pihak sekolah dengan pihak lembaga serta peraturan pemerintah. Tantangan yang dihadapi oleh pihak pengelola yaitu dari perkembangan kualitas pendidikan di Kota Batu dan tingkat provinsi. Sedangkan terobosan yang telah dilakukan oleh pihak pengelola yaitu adanya program kelas eksplorasi dan kegiatan rapat koordinasi (lesson studi). 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan kesimpulan penelitian ini disarankan sebagai berikut. (1) bagi Kepala SMP Al-Izzah sebagai bahan pendukung pengambilan keputusan dan kebijakan dalam kegiatan pengembangan kurikulum di SMP Al-Izzah (2) bagi Waka Kurikulum SMP Al-Izzah agar mutu pendidikan dan kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan kepala sekolah diharapkan lebih meningkatkan keunggulan-keunggulan dan terobosan-terobosan baru dalam melaksanakan manajemen pengembangan (3) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini hendaknya bisa dijadikan bahan tambahan referensi maupun bahan kajian ilmu khususnya ilmu manajemen pengembangan kurikulum (4) bagi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini hendaknya bisa digunakan sebagai bahan referensi dan kajian ilmu dalam proses kegiatan pembelajaran didalam kelas khususnya bidang manajemen kurikulum (5) bagi peneliti lain agar dapat melanjutkan dan mengembangkan penelitian mengenai manajemen kurikulum dari substansi lain dengan latar belakang yang berbeda. Sehingga hasil dari penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian untuk menyempurnakan hasil penelitian yang telah dilakukan sehingga dapat bermanfaat demi meningkatkan kualitas pendidikan. (6) bagi pengelola di sekolah lain hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai bahan acuan rancangan sekolah dengan model asrama (ma had) dengan proses manajemen pengembangan kurikulum seperti yang dilakukan oleh pihak pengelola SMP Al-Izzah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3558

Actions (login required)

View Item View Item