Nugroho, Muhammad Prasetyo (2024) Implementasi teknik facial expression recognition dalam analisis pengalaman positif dan negatif dalam kegiatan di Kelas / Muhammad Prasetyo Nugroho</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
p Pengalaman siswa dalam kegiatan kelas sangat penting untuk diperhatikan oleh pengajar karena berdampak pada prestasi belajar siswa. Pengalaman siswa di dalam kelas dapat dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu pengalaman positif dan negatif. Penelitian ini mengusulkan pendekatan dengan pengambilan gambar berkala selama sesi pembelajaran untuk mendeteksi wajah dan menganalisis ekspresi siswa mengukur pengalaman positif dan negatif menggunakan model YuNet sebagai face detection dan Progressive Teacher sebagai facial expression recognition. Pengujian dilakukan dengan dua tahap yaitu pengujian langsung dan terkendali. Hasil menunjukkan di dalam pengujian langsung sistem FER memiliki akurasi deteksi ekspresi positif yang sangat tinggi dan deteksi ekspresi negatif yang sangat rendah dan hampir tidak ada. Selain itu dalam uji terkendali sistem memiliki akurasi deteksi wajah 98% dan akurasi pengenalan tujuh ekspresi dasar dengan variasi. Akurasi untuk ekspresi Neutral adalah 88% Happy 70% Surprised 51% Sad 31% Angry 28% Disgust 39% dan Fearful 8%. Tantangan utama adalah penurunan akurasi saat pelajar menghadap ke arah tertentu pencahayaan kurang optimal dan ekspresi wajah yang terhalang. Pengujian menunjukkan posisi kamera terbaik adalah di tengah kelas dengan akurasi deteksi tertinggi 92% saat pelajar tidak menghadap langsung ke kamera dan 100% saat menghadap langsung ke kamera. Sistem ini memberikan wawasan bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan memotivasi siswa. /p
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/355594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |