Penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran qakuntansi di SMK PGRI Pandaan / Nur Hayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran qakuntansi di SMK PGRI Pandaan / Nur Hayati

Nur (2010) Penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran qakuntansi di SMK PGRI Pandaan / Nur Hayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hayati Nur. 2009. Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK PGRI Pandaan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Sugeng S.E M.M. M.A. Ak (II) Makaryanawati S.E. M.Si. Ak Kata kunci Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pembelajaran Akuntansi SMK PGRI Pandaan adalah SMK dengan jurusan akuntansi tertua di Pandaan maka diharapkan dapat menjadi contoh atau teladan bagi sekolah lain khususnya di Pandaan terutama dalam segi pembelajaran untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas tentunya dengan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Oleh karena itu penerapan kurikulum penting dalam mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan KTSP dalam penyusunan perencanaan pembelajaran akuntansi di SMK PGRI Pandaan yang terdiri dari silabus dan RPP. (2) Penerapan KTSP dalam pelaksanaan pembelajaran akuntansi yang meliputi bahan ajar metode pembelajaran media pembelajaran serta penilaian pembelajaran. (3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan KTSP. Dan (4) Upaya untuk mengatasi faktor penghambat penerapan KTSP. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif Fenomenalogis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga cara yaitu observasi partisipasi pasif dokumentasi dan wawancara. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan tiga cara yaitu reduksi data display data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitiian diketahui bahwa pada perencanaan pembelajaran guru akuntansi di SMK PGRI pandaan yang meliputi silabus dan RPP tidak memiliki kesamaan. Hasil penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran dilihat dari segi bahan ajar metode pembelajaran media pembelajaran maupun penilaian yang digunakan kurang bervariasi. Adapun faktor-faktor pendukungnya antara lain (a) adanya dana hibah dari dinas (b) manajemen sekolah (c) keterbukaan kepala sekolah (d) tenaga pendidik yang go on (d) sarana dan prasarana sekolah (e) kondisi siswa yang heterogen. Sedangkan faktor-faktor penghambatnya antara lain (a) untuk guru produktif kurang mendapat pengetahuan mengenai perkembangan pendidikan (b) belum adanya MGMP di tingkat sekolah (c) guru-guru sulit membuat modul sendiri (d) sarana dan prasarana sekolah (e) kondisi siswa yang heterogen. Adapun beberapa upaya untuk mengatasi faktor-faktor penghambat penerapan KTSP tersebut antara lain (a) sering mengikutsertakan guru dalam kegiatan pelatihan (b) menyediakan sarana dan prasarana seoptimal mungkin (c) mengadakan MGMP walaupun sampai saat ini belum terlaksana (d) bekerjasama dengan guru lain dan membandingkannya dengan sekolah lain (e) mendapatkan pengetahuan perkembangan pendidikan di tempat lain (f) memberikan tambahan tugas untuk siswa. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35549

Actions (login required)

View Item View Item