Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan (studi kasus di Yayasan Pondok Pesantren Baitul Hikmah Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember) / Farhan Hasbi Aprida - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan (studi kasus di Yayasan Pondok Pesantren Baitul Hikmah Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember) / Farhan Hasbi Aprida

Aprida, Farhan Hasbi (2013) Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan (studi kasus di Yayasan Pondok Pesantren Baitul Hikmah Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember) / Farhan Hasbi Aprida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aprida Farhan Hasbi. 2013. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Studi Kasus di Yayasan Baitul Hikmah Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Dr. Mustiningsih M.Pd. Kata kunci manajemen pendidik tenaga kependidikan 12288 12288 12288 12288 Pendidik dan tenaga kependidikan disamping sebagai penunjang terlaksananya proses pendidikan juga diharapkan mampu melanjutkan tugas para nabi dalam meneguhkan eksistensi agama Islam dalam bidang pendidikan. Untuk itu kegiatan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di lembaga pendidikan Islam seperti di Yayasan Pondok Pesantren Baitul Hikmah ini perlu dilakukan. Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan bertugas menyelenggarakan kegiatan mengajar mengembangkan dan memberikan pelayanan teknis dalam bidang pendidikan. Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan Islam bertujuan untuk mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan Islam secara efektif dan efisien untuk mencapai hasil yang optimal namun tetap dalam kondisi yang menyenangkan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini berawal dari pertanyaan bagaimana manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di pondok pesantren Baitul Hikmah. Dari hasil studi pendahuluan didapatkan empat fokus penelitian yaitu (1) perekrutan pendidik dan tenaga kependidikan (2) penempatan pendidik dan tenaga kependidikan (3) pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan (4) pemberhentian pendidik dan tenaga kependidikan di Yayasan Pondok Pesantren Baitul Hikmah. Penelitian ini dilakukan di Yayasan Pondok Pesantren Baitul Hikmah yang merupakan salah satu lembaga pendidikan islam yang terus berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) teknik wawancara terbuka (2) teknik observasi dan (3) teknik dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan (1) perpanjangan keikutsertaan (2) ketekunan pengamatan (3) triangulasi. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan penelitian ini meliputi (1) rekrutmen pendidik dan tenaga kependidikan di yayasan Pondok Pesantren Baitul Hikmah dibagi menjadi dua yaitu rekrutmen eksternal dan internal. Rekrutmen tersebut dilakukan oleh pengasuh dan ustadz-ustadz senior pondok pesantren (2) penempatan pendidik dan tenaga kependidikan di Yayasan Pondok Pesantren Baitul Hikmah ada 2 bagian yaitu penempatan untuk pendidik dan tenaga kependidikan di lembaga sekolah yang di tentukan oleh ketua yayasan atau pengasuh dan yang kedua penempatan untuk pendidik dan tenaga kependidikan di pondok pesantren yang dilakukan oleh ustadz-ustadz senior yang ada di pondok tersebut (3) pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di yayasan Pondok Pesantren Baitul Hikmah ada 2 macam yaitu pengembangan pra jabatan dan dalam jabatan (4) Pemberhentian pendidik dan tenaga kependidikan di Yayasan Pondok Pesantren Baitul Hikmah keputusan sepenuhnya ada di tangan pengasuh dengan melalui musyawarah pengurus yayasan terlebih dahulu. Pemberhentian ini dibagi menjadi 2 yaitu pemberhentian dengan hormat yang berupa permohonan diri sendiri meninggal dunia mencapai batas usia pensiun habis masa pengabdian. Dan yang ke dua yaitu pemberhentian dengan tidak hormat yang berupa hukuman jabatan dan akibat pidana penjara. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil temuan penelitian ini disarankan sebagai berikut kepada ketua yayasan atau pengasuh pondok pesantren Baitul Hikmah diharapkan untuk lebih meningkatkan lagi perekrutan untuk pendidik dan tenaga kependidikan yang belum memenuhi standar sebagai tenaga kependidikan khususnya dalam pembinaan pra jabatan yang dilakukan pada santri kelas 3 SMK yang ditugaskan mengajar adik kelasnya. Agar supaya mereka lebih professional dalam melakukan tugasnya ketika di rekrut sebagai pendidik ataupun tenaga pendidik di yayasan tersebut baik di lembaga sekolah ataupun pondok pesantren.Kementerian Agama (Kemenpag) Diharapkan untuk lebih memberi dukungan pada pesantren dalam usaha pengembangan pesantren. Bagi Jurusan Administrasi Pendidikan karena Pondok pesantren merupakan bagian dari sistem pendidikan di Indonesia maka diharapkan jurusan lebih banyak lagi memperdalam kajian tentang dunia pesantren sebagai pendalaman dalam ilmu manajemen pendidikan dan dapat memperkaya bahan pustaka atau referensi dalam perkuliahan yang berhubungan dengan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan dan juga dapat digunakan sebagai bahan informasi untuk mengembangkan Ilmu Manajemen Pendidikan khususnya dalam manajemen pendidik dan tenaga kependidikan. Bagi peneliti lain yang sebagai bahan referensi dalam melakukan penelitian yang serupa atau penelitian lanjutan dengan mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3554

Actions (login required)

View Item View Item