Penerapan metode demonstrasi dengan pendekatan lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (Studi kasus pada siswa program keahlian akuntansi di SMK N 1 Lamongan) / Umi Choiriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode demonstrasi dengan pendekatan lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (Studi kasus pada siswa program keahlian akuntansi di SMK N 1 Lamongan) / Umi Choiriyah

Umi (2010) Penerapan metode demonstrasi dengan pendekatan lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (Studi kasus pada siswa program keahlian akuntansi di SMK N 1 Lamongan) / Umi Choiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Choiriyah Umi. 2009. Penerapan Metode Demonstrasi dengan Pendekatan Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (Studi kasus pada Siswa Program Keahlian Akuntansi Di SMK N 1 Lamongan). Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuli Widi Astuti S.E M.Si. Ak. (II) Sri Pujiningsih S.E M.Si. Ak. Kata kunci Metode Demonstrasi Kegiatan Lesson Study Kualitas Pembelajaran. Salah satu masalah dalam pendidikan adalah lemahnya kualitas pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan kepala sekolah serta beberapa guru akuntansi di SMK N 1 Lamongan mayoritas para guru mengabaikan persiapan sebelum pembelajaran sehingga pelaksanaan pembelajaran di kelas kurang maksimal. Pelaksanaan pembelajaran yang kurang maksimal ditunjukkan oleh keaktifan siswa yang rendah sehingga siswa kurang paham terhadap materi yang disampaikan guru. Karakteristik pelajaran akuntansi yang prosedural yaitu satu tahap berhubungan dan menjadi syarat dalam mengerjakan tahap berikutnya menuntut siswa memahami secara keseluruhan tahapan tersebut. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan metode demonstrasi dengan pendekatan lesson study. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan kualitas pembelajaran akuntansi dengan metode demonstrasi dengan pendekatan lesson study di SMK N 1 Lamongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara observasi format penilaian proses pembelajaran catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peningkatan kualitas pembelajaran dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran yang dirumuskan dalam tahap plan oleh tim lesson study dan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi melalui pendekatan lesson study pada siswa program keahlian akuntansi di SMK N 1 Lamongan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan tersebut didasarkan pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar aspek kognitif meningkat menjadi 83 71 82 57 untuk aspek afektif dan 87 54 untuk aspek psikomotorik. Rata-rata nilai proses pembelajaran juga meningkat dari 75 48 pada siklus I menjadi 89 65 pada siklus II. Saran dalam penelitian ini (1) guru hendaknya memiliki kemauan dan komitmen melaksanakan metode demonstrasi dengan pendekatan lesson study (2) sekolah hendaknya memotivasi guru agar bersedia menerapkan metode demonstrasi dengan pendekatan lesson study (3) siswa hendaknya melakukan persiapan sebelum pembelajaran dan meningkatkan keberanian bertanya (4) peneliti selanjutnya hendaknya meneliti dengan jenis dan pendekatan penelitian yang berbeda untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan lesson study.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35527

Actions (login required)

View Item View Item