Pengaruh keberadaan perpustakaan dan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2007-2008) / Mokhammad Habibi Gastawa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keberadaan perpustakaan dan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2007-2008) / Mokhammad Habibi Gastawa

Mokhammad Habibi (2010) Pengaruh keberadaan perpustakaan dan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2007-2008) / Mokhammad Habibi Gastawa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perpustakaan merupakan sumber informasi cetak yang di dalamnya mahasiswa dapat melengkapi kebutuhan belajarnya dengan memanfaatkan perpustakaan maka mahasiswa bi sa mengembangkan pengetahuannya. Selain perpustakaan mahasiswa juga bisa memenuhi kebutuhan belaja rnya lebih luas melalui internet. Informasi yang luas dan up to date serta fasilitas komunikasi dengan para ahli di internet menjadi pilihan mahasiswa untuk melengkapi memenuhi kebutuhan belajarnya. Kedua sumber informasi tersebut merupakan fasilitas di lingkungan pendidikan yang menjadi faktor pendukung belajar yang memotivasi belajar mahasiswa secara eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberadaan perpustakaan dan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang baik secara parsial maupun simultan terhadap motivasi belajar mahasiswa yang diukur dengan pemanfaatannya . Penelitian ini termasuk penelitian eksplanasi (explanatory research).. mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2007 dan 2008 dan penggunaan sampelnya menggunakan teknik proportional stratified random sampling . Instrumen dalam penelitian ini menggu nakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan bantuan program SPSS 13.0 menggunakan Pearson Product Moment untuk uji validitas Alpha Cronbach untuk uji reliabilitas dan reg resi berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel -variabel dalam penelitian ini. Dari hasil analisis data diketahui bahwa (1) keberadaan perpustakaan terhadap motivasi belajar mahasiswa yang terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t 4 521 dan signifikan t 0 000 (2) keberadaan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa yang terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t -2 142 dan signifikan t 0 036 (3) keberadaan perpustakaan dan internet berpengaruh secara simultan terhadap motivasi belajar mahasiswa yang terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai F 13 472 dan signifikan F 0 000. Adapun koefisien determinasi variabel bebasnya (R square) adalah sebesar 0 306 atau sebesar 30 6% merupakan kontribusi dari keberadaan perpustakaan (X1) dan internet (X2) terhadap motivasi belajar (Y). Sedangkan sisanya sebesar 69 4% merupakan kemungkinan berubahnya motivasi belajar mahasiswa yang disebabkan oleh variabel lain yang tidak diteliti atau di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35502

Actions (login required)

View Item View Item