Pemanfaatan dan alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan di SD Negeri Tigasan Kulon II Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo / Luthvia Nuravitalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan dan alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan di SD Negeri Tigasan Kulon II Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo / Luthvia Nuravitalia

Luthvia (2010) Pemanfaatan dan alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan di SD Negeri Tigasan Kulon II Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo / Luthvia Nuravitalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuravitalia Luthvia. Pemanfaatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan di SD Negeri Tigasan Kulon II Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra.Hj.Sutatmi S.E. M.Pd. M.Si Ak (2) Dr. H. Tuhardjo S.E M.Si Ak Kata Kunci Pemanfaatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Salah satu upaya pemerintah pusat untuk membantu mendanai kegiatan yang menjadi urusan daerah dan merupakan prioritas nasional khususnya dalam upaya pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pelayanan dasar masyarakat yaitu dengan menyalurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari APBN. DAK bidang pendidikan dialokasikan untuk menunjang pelaksanaan Wajib Belajar (Wajar) Pendidikan Dasar 9 tahun yang bermutu. Kegiatannya diarahkan untuk (a) rehabilitasi gedung/ruang kelas SD/SDLB MI/Salafiyah termasuk sekolah-sekolah setara SD dan (b) peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan DAK bidang pendidikan di SDN Tigasan Kulon II dalam hal (1) rencana alokasi DAK bidang pendidikan (2) alokasi DAK bidang pendidikan (3) dampak pemanfaatan DAK bidang pendidikan yang dirasakan guru dan siswa (4) kendala pemanfaatan DAK bidang pendidikan dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan obyek SDN Tigasan Kulon II. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (a) dokumentasi (b) wawancara dan (c) angket. Responden yang terlibat adalah guru dan siswa. Teknik anlisis yang digunakan adalah time series analysis yaitu membandingkan alokasi DAK bidang pendidikan selama kurun waktu tahun 2003 2007 dan membandingkan antara anggaran dan realisasi DAK bidang pendidikan SDN Tigasan Kulon II pada tahun 2007 Dilihat dari rencana alokasinya DAK bidang pendidikan di SDN Tigasan Kulon II disusun seragam dan sentralistis oleh pemerintah pusat namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Terdapat perbedaan antara anggaran dengan realisasi DAK bidang pendidikan dimana dimana dana untuk pembangunan rumah dinas dialihkan untuk pembangunan 3 ruang kelas. Informasi tentang DAK tidak banyak diketahui oleh siswa namun hasil pemanfaatan DAK berupa rehabilitasi fisik/pengadaan sarana pendidikan sangat dirasakan manfaatnya oleh siswa dan guru sehingga terjadi peningkatan yang signifikan pada jumlah siswa yang mendaftar. Kendala yang timbul dalam pemanfaatan DAK bidang pendidikan berasal dari kebijakan pemerintah/dinas pendidikan terutama dalam hal alokasi dan mekanisme pencairan dana namun dapat diatasi dengan baik oleh pihak sekolah.Dari hasil penelitian ini diharapkan sekolah dapat terus meningkatkan sosialisasi sumber dan pemanfaatan dana pendidikan sehingga dapat lebih transparan dan akuntabel. Pada akhirnya juga akan meningkatkan kepercayaan masyarakat pada SDN Tigasan Kulon II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35501

Actions (login required)

View Item View Item