Manajemen pemasaran sekolah di Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar Malang / Vera Nilasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pemasaran sekolah di Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar Malang / Vera Nilasari

Nilasari, Vera (2013) Manajemen pemasaran sekolah di Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar Malang / Vera Nilasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nilasari Vera. 2013. Manajemen Pemasaran di Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si (II) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. Kata kunci manajemen pemasaran manajemen pemasaran sekolah. 12288 12288 12288 12288 Pemasaran pendidikan adalah usaha mengkomunikasikan dan mempromosikan tujuan nilai dan produk lembaga pendidikan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen dalam hal ini peserta didik serta stakeholders pendidikan melalui pemberian layanan yang maksimal. Mengingat banyaknya sekolah yang bermunculan serta persaingan yang semakin ketat antar sekolah untuk menarik minat peserta didik menjadikan sekolah harus mempertimbangkan bagaimana manajemen pemasaran yang efektif. Manajemen pemasaran pendidikan merupakan suatu kegiatan menganalisis merencanakan mengimplementasi dan mengawasi segala program untuk mencapai efisiensi dan keefektivan dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh organisasi pendidikan. Dengan pertimbangan banyaknya persaingan sekolah terutama sekolah swasta dalam menjaring peserta didik maka peneliti tertarik meneliti di SD Plus Al-Kautsar Malang yang tergolong sekolah swasta baru berdiri Tahun 2004 tetapi sudah maju dan memiliki pelanggan pendidikan yang banyak. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) perencanaan pemasaran (2) implementasi pemasaran (3) teknik pemasaran (4) evaluasi pemasaran (5) pihak-pihak yang berperan dalam manajemen pemasaran (6) faktor pendukung kegiatan pemasaran (7) kendala dalam kegiatan pemasaran dan (8) cara mengatasi kendala pemasaran di SD Plus Al-Kautsar Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti berperan sebagai instrumen kunci dengan subjek penelitian adalah Ibu Dhiah Saptorini Bapak Imam Safi i Bapak Fakrudin Rif an Ibu Dina Nurul Hidayati Bapak Darmaji Ibu Uswatun Hasanah Bapak Jawad Bahonar Ibu Naning Nur Sholawati Ibu Afia Mufidah. Sumber data yang digunakan adalah informasi yang disampaikan subjek penelitian dan dokumen yang berkaitan dengan manajemen pemasaran. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian menggunakan teknik wawancara observasi dan analisis dokumen. Tahap analisis data meliputi (1) reduksi data (2) pengkodean (3) penyajian data dan (4) verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan dan triangulasi. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) perencanaan pemasaran menguraikan tujuan pemasaran untuk publikasi pencitraan sekolah dan sebagai upaya menarik minat calon wali murid dan calon peserta didik terhadap sekolah perencanaan dilakukan pada bulan Juli oleh kepala sekolah kepala bidang humas beserta staf di bidang humas target pemasaran yaitu seluruh peserta didik dari keluarga agamis yang sadar pendidikan dari TK di dalam dan luar Kota Malang rencana kegiatan tertera pada program kerja bidang humas dengan anggaran dari sekolah dan sponsor panitia kegiatan beserta penanggung jawab dibentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) kepala sekolah (2) implementasi pemasaran publikasi melalui media internet media elektronik media cetak sms center menyediakan armada sekolah yang bertuliskan identitas sekolah kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah outbond open house identitas Sekolah Berbasis Produksi dan bakti sosial (3) teknik pemasaran antara lain penyebaran informasi dari mulut ke mulut melalui buku panduan akademik brosur buletin leaflet spanduk banner menggunakan media massa (Batu Tv J-Tv CRTV radio Cosmonita RRI Koran Pendidikan Radar Malang dan Malang Post) memanfaatkan saluran informasi dan komunikasi (sms center website facebook email blog pribadi) tv media di dalam sekolah (penyebaran informasi profil sekolah dan video pembelajaran) meningkatkan prestasi akademik dan non akademik layanan sekolah (UKS BK dan armada sekolah) kegiatan sekolah (open house outbond dan PLS) (4) monitoring dan evaluasi pemasaran dilakukan oleh kepala sekolah kepala bidang dan kepala bagian serta guru yang ditunjuk monitoring dilakukan setiap minggu tiap bulan dan akhir tahun evaluasi dilaksanakan setiap akhir kegiatan akhir semester dan akhir tahun bentuk evaluasi berupa laporan dan evaluasi lisan tolok ukur keberhasilan pemasaran berdasarkan jumlah calon peserta didik yang mendaftar opini masyarakat dan pencitraan sekolah (5) pihak-pihak yang berperan dalam manajemen pemasaran yaitu kepala sekolah kepala bidang humas beserta bagian-bagian di bawah humas serta seluruh warga sekolah peran pendidik maupun tenaga kependidikan berdasarkan job description dan pro aktif untuk berbagai kegiatan yang dapat memajukan sekolah mengoptimalkan peran serta mereka melalui job description yang jelas (6) faktor pendukung dari kepala sekolah pendidik tenaga kependidikan peserta didik Dinas Pendidikan Kota Malang wali murid alumni sponsor dan masyarakat sekitar (7) kendala pemasaran kegiatan pemasaran membutuhkan dana yang tidak sedikit dan sulit mencari sponsor yang sesuai dengan dunia pendidikan terbatasnya tenaga pemasaran dan banyak implementasi program pemasaran yang tidak sesuai dengan jadwal yang direncanakan (8) cara mengatasi kendala yaitu selektif mencari sponsor yang relevan dengan dunia pendidikan berupaya menarik sponsor melalui hubungan personal melaksanakan kegiatan pemasaran sesuai jadwal dan mengatur waktu seefisien mungkin serta melibatkan guru yang memiliki jam kosong untuk membantu pelaksanaan pemasaran di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian saran-saran yang diajukan peneliti meliputi (1) kepala SD Plus Al-Kautsar Malang sebagai bahan informasi untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan manajemen pemasaran sekolah sebagai upaya mempertahankan eksistensi dan menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui konsep pendidikan yang ditawarkan serta memperbaiki kekurangan dan mengoptimalkan faktor pendukung manajemen pemasaran (2) ketua dosen dan mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan sebagai bahan referensi untuk kajian akademik tentang manajemen pemasaran sekolah (3) orangtua calon peserta didik sebagai bahan pertimbangan memilih sekolah berkualitas dari aspek pendidikan umum maupun agama yang sesuai dengan bakat dan minat anak serta memahami pentingnya peran orangtua dalam kelancaran penyelenggaraan pendidikan (4) peneliti lain sebagai bahan referensi dan dikembangkan untuk penelitian selanjutnya yang lebih mendalam atau melakukan penelitian pada tempat yang sama dengan konteks yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3550

Actions (login required)

View Item View Item