Jatera, Radhika Gala (2012) Persepsi siswa terhadap penggunaan mobile device dalam pembelajaran (mobile learning) TIK kelas X di SMAN 1 Tumpang Malang / Radhika Gala Jatera. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci persepsi siswa penggunaan mobile device pembelajaran TIK. Mobile Learning (m-learning) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang melibatkan mobile device dalam pembelajaran siswa dapat mengakses materi arahan dan aplikasi yang berkaitan dengan pelajaran tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu dimanapun dan kapanpun mereka berada. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tumpang Malang pada tanggal 20 Juni 2012 diketahui bahwa pembelajaran TIK dilaksanakan secara konvensional. Guru belum menggunakan variasi dengan menerapkan media pembelajaran alternatif lain pada pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini menjelaskan tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran TIK dengan menggunakan mobile device kelas X.3 SMA Negeri 1 Tumpang Malang materi peripheral dan jaringan LAN. Pelaksanaan pembelajaran dengan media mobile learning dilakukan melalui tahapan-tahapan yaitu (1) survey dan persiapan (2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan mobile device (mobile learning). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan respon yang positif terhadap hadirnya pembelajaran dengan menggunakan mobile device (mobile learning) pada mata pelajaran TIK kelas X di SMAN 1 Tumpang Malang. Hal tersebut ditunjukkan dengan tingginya antusiasme siswa dalam menggunakan mobile device dalam pembelajaran TIK. Kesimpulan tersebut didukung berdasarkan hasil analisis data sebagai berikut dari angket persepsi siswa mengenai feature diperoleh rata-rata secara keseluruhan sebesar 88.9% (tinggi) persepsi siswa mengenai konten materi pada media mobile learning diperoleh rata-rata secara keseluruhan sebesar 90.4% (tinggi) persepsi siswa mengenai keuntungan mobile learning diperoleh rata-rata secara keseluruhan sebesar 90.5% (tinggi) persepsi siswa mengenai struktur modul yang ditawarkan pada mobile learning diperoleh rata-rata secara keseluruhan sebesar 85.8% (tinggi). Peneliti menyarankan bahwa pembelajaran dengan media mobile learning dapat dijadikan sebagai pembelajaran dan bahan ajar alternatif yang bisa diterapkan pada proses belajar mengajar serta dikembangkan untuk menunjang aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |