Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Bhakti Mulia Pare / Sus Stya Yuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Bhakti Mulia Pare / Sus Stya Yuliana

Sus Stya (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Bhakti Mulia Pare / Sus Stya Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Stya Yuliana Sus. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi SMK BHAKTI MULIA Pare. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Helianti Utami S.E. M.Si. Ak (2) Dra. Hj. Sutatmi S.E. M.Pd. M.Si. Ak . Kata Kunci Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar di Sekolah dan Prestasi Belajar Fasilitas belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi interaksi belajar mengajar. Keberadaan fasilitas di sekolah mutlak diperlukan di sebuah lembaga pendidikan karena pendidikan tidak mungkin terlaksana dengan baik bila tenaga pengajar dan peserta didik tidak ditunjang oleh fasilitas belajar yang memadai. Dengan tersedianya fasilitas belajar yang lengkap diharapkan dapat membantu meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Semakin lengkap dan beragam fasilitas yang ada maka siswa akan semakin termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi siswa tentang fasilitas belajar di SMK BHAKTI MULIA Pare (2) prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi di SMK BHAKTI MULIA Pare (3) pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK BHAKTI MULIA Pare. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari angket yang diisi oleh siswa sedangkan data sekunder berasal dari nilai ujian akhir semester ganjil tahun ajaran 2008/2009 pada mata pelajaran siklus akuntansi pada sub bab persamaan dasar akuntansi. Jumlah sampel sebanyak 46 % dari jumlah populasi yakni sebesar 94 siswa. Teknis analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang kondisi fasilitas belajar di sekolah di SMK BHAKTI MULIA Pare tergolong rendah (2) prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi di SMK BHAKTI MULIA Pare terbukti amat baik (3) Persepsi siswa tentang fasilitas belajar di sekolah berpengaruh tehadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi DI SMK BHAKTI MULIA Pare. Saran yang diberikan adalah (1) Pihak sekolah sebaiknya berusaha untuk melengkapi dan memperbaiki fasilitas belajar yang ada agar dapat menunjang kelancaran kegiatan belajar mengajar agar siswa mempunyai persepsi yang baik terhadap fasilitas belajar yang ada (2) Siswa sebaiknya menjaga serta memanfaatkan fasilitas yang ada disekolah secara optimal guna menunjang kegiatan belajar (4) kepada peneliti selanjutnya yang tertarik pada masalah atau topik yang berkaitan dengan belajar siswa hendaknya menambah variabel dan sampel sehingga akan menambah lebih sempurnanya penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35499

Actions (login required)

View Item View Item