Pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan fasilitas belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tuban / Ratna Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan fasilitas belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tuban / Ratna Susanti

Ratna (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan fasilitas belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tuban / Ratna Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanti Ratna. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Ketersediaan Fasilitas Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri 2 Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Triadi Agung Sudarto S. E. M. Si Ak. (2) Dr. Tuhardjo S. E. M. Si. Ak. Kata kunci fasilitas belajar lingkungan sekolah prestasi belajar Fasilitas belajar dan lingkungan sekolah merupakan salah satu diantara faktor-faktor yang berpengaruh dalam pencapaian prestasi belajar siswa. Fasilitas belajar dan lingkungan sekolah yang baik serta mendukung tentu akan meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian sampel dimana jumlah sampelnya adalah siswa-siswi program keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tuban yaitu berjumlah 41 responden. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksplanasi dengan tujuan untuk menguji hipotesis yaitu menguji pengaruh variabel bebas yang terdiri dari fasilitas belajar (X1) dan lingkungan sekolah (X2) terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner (angket) kepada responden dengan kuesioner jawaban tertutup berskala empat model Likert yang dimodifikasi. Teknik tersebut didukung dengan dokumentasi guna melengkapi data yang tidak terakomodasi oleh instrumen kuesioner. Indikator yang dijadikan ukuran untuk variabel X1 yaitu ruang kelas media dan alat pembelajaran perpustakaan meja dan kursi dan laboratorium. Indikator untuk variabel X2 yaitu kondisi sekolah gedung sekolah sistem kurikulum dan guru. Untuk variabel Y adalah nilai raport siswa semester gasal 2008/2009. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa fasilitas belajar lingkungan sekolah dan prestasi belajar siswa program keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tuban sudah pada tingkat kondisi yang baik. Fasilitas belajar dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 53 63% dan sisanya sebesar 46 4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Dan uji hipotesis dengan Ftabel 3 245 dan nilai Fhitung 21 975 dengan probabilitas 0 000 0 05 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Dari uraian di atas saran-saran yang diberikan antara lain a) Bagi pihak sekolah diharapkan untuk meningkatkan fasilitas belajar yang diperlukan oleh siswa terutama dalam penyediaan sarana dan prasarana belajar. Ruang kelas perlu direnovasi agar siswa merasa betah dan nyaman dalam belajar b) bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat mengembangkan komponen-komponen lainnya yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Serta dapat memperbaharui dan menambah variabel penelitian yang sebelumya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35497

Actions (login required)

View Item View Item