Pengukuran kinerja sekolah dengan menggunakan balanced scorecard menuju sekolah mandiri (studi kasus pada Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Malang) / Apriantini Ainun Maftuhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengukuran kinerja sekolah dengan menggunakan balanced scorecard menuju sekolah mandiri (studi kasus pada Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Malang) / Apriantini Ainun Maftuhah

Apriantini Ainun (2010) Pengukuran kinerja sekolah dengan menggunakan balanced scorecard menuju sekolah mandiri (studi kasus pada Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Malang) / Apriantini Ainun Maftuhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maftuhah Apriantini A. 2009. Pengukuran Kinerja Sekolah dengan menggunakan Balanced Scorecard Menuju Sekolah Mandiri ( Studi Kasus SMA Negeri 7 Malang).Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Sutatmi SE M.Pd M.Si Ak. (2) Eka Ananta Sidharta SE MM Ak. Kata Kunci Pengukuran Kinerja Balanced Scorecard Sistem pendidikan yang selama ini dikelola dalam suatu iklim yang birokratik sudah saatnya kini dirubah dengan sistem tata kelola yang lebih baik. Sistem tata kelola birokratik seringkali mengesampingkan peranan kepala sekolah dan guru. Tata kelola yang lebih baik dilakukan dengan cara meningkatkan peran kepala sekolah guru dan orang tua siswa. Sistem tata kelola yang baru ini disebut dengan Manajemen Berbasis Sekolah. MBS mengharapkan sekolah untuk menjadi mandiri dan selalu meningkatkan mutu kinerjanya. Salah satu konsep manajemen yang dapat diadopsi dari perusahaan adalah konsep balanced scorecard (BSC). BSC dapat diterapkan di sekolah untuk mengukur seberapa efektif dan efisien kinerja sekolah dilihat dari kinerja keuangan dan non keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengukuran kinerja SMA Negeri 7 Malang dilihat dari empat (4) perspektif BSC yaitu (1) perspektif Keuangan (2) perspektif pelanggan (3) perspektif proses internal bisnis dan (4) perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan obyek SMA Negeri 7 Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (a) dokumentasi (b) wawancara dan (c) angket. Responden yang terlibat adalah guru siswa dan orang tua siswa. Teknik anlisis yang digunakan adalah time series analysis yaitu membandingkan hasil pengukuran selama tahun ajaran 2005/2006 2006/2007 dan 2007/2008. Dilihat dari perspektif keuangannya kinerja SMA Negeri 7 Malang dapat dinilai baik karena sudah terpenuhinya semua fasilitas pendidikan yang diperlukan siswa dan diberikannya laporan penggunaan dana yang berasal dari orang tua. Kinerja SMA Negeri 7 Malang dilihat dari perspektif pelanggan juga dapat dinilai baik karena selalu terpenuhinya pagu lulusan yang mencapai 90% dan kepuasan para siswa dan orang tua terhadap pelayanan yang diberikan sekolah. Menurut perspektif proses internal bisnis kinerja SMA Negeri 7 Malang juga dinilai baik karena sudah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar guru dan siswa. Sedangkan dilihat dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran kinerja SMA Negeri 7 Malang juga dapat dinilai baik karena loyalitas guru dan karyawannya selama ini sudah baik dan usaha peningkatan kompetensi juga selalu dilakukan sekolah atau dilakukan masing-masing guru secara individu. ABC Amber Text Converter Trial version http //www.processtext.com/abctxt.html Dari hasil penelitian ini diharapkan sekolah dapat terus meningkatkan kualitas para guru sehingga dapat mendorong peningkatan kualitas para lulusan. Pada akhirnya juga akan meningkatkan kepercayaan masyarakat pada SMAN 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35496

Actions (login required)

View Item View Item