Penerapan metode assignment (pemberian tugas) untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Turen / Kharisma Danang Yuangga - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode assignment (pemberian tugas) untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Turen / Kharisma Danang Yuangga

Kharisma Danang (2010) Penerapan metode assignment (pemberian tugas) untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Turen / Kharisma Danang Yuangga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKSI Danang Yuangga Kharisma 2009. Penerapan Metode Assignment (Pemberian Tugas) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI Ak 1 SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuli Widiastuti SE M.Si AK Hj (II) Sriyani Mentari SPd MM. Kata Kunci Penerapan metode Assignment (Pemberian Tugas) hasil belajar Fenomena praktik kegiatan pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Turen masih didominasi oleh metode konvensional yaitu menggunakan ceramah pemberian tugas secara individu dan latihan soal yang masih mengacu pada buku sehingga siswa sering mengalami kejenuhan dan tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Siswa kurang aktif dalam kelas dan kurang diberi kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga aktivitas belajar siswa menjadi tidak maksimal. Hal ini menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM) secara keseluruhan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Turen pada semester gasal tahun pelajaran 2008/2009 dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak 1 SMK Negeri 1 Turen dan penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2008 sampai dengan tanggal 17 Desember 2008. Metode mengajar yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Assignment (pemberian tugas) sedangkan analisis data yang digunakan meliputi tahap mereduksi data menyajikan data verifikasi data atau menarik kesimpulan. Secara keseluruhan penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Assignment (pemberian tugas) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI AK 1 pada mata diklat Akuntansi Keuangan di SMK Negeri 1 Turen serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi beserta solusi yang dapat dipakai untuk mengatasi kendala dalam penerapan metode Assignment (pemberian tugas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Assignment (pemberian tugas) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar guru memberikan variasi pemberian tugas dalam bentuk tugas kelompok dan individu guna mengatasi kejenuhan siswa dan mengkondisikan siswa untuk dapat bekerja sama memahami materi serta mendorong siswa untuk saling bekerjasama secara efektif serta memberikan motivasi untuk meningkatkan hasil belajar baik tidak hanya dari nilai evaluasi tetapi juga sikap siswa selama pembelajaran. Persentase hasil belajar siswa rata rata nilai hasil belajar aspek kognitif secara individual meningkat dari 71 0% pada siklus I menjadi 74 0% pada siklus II. Sedangkan persentase rata- rata ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dari 68 2% pada siklus I menjadi 72 7% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Assignment (pemberian tugas) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Ak 1 SMK Negeri 1 Turen. Pada penerapan metode ini disarankan guru sebaiknya lebih menekankan agar siswa tepat waktu dalam menyelesaikan tugas memberi motivasi kepada siswa serta memperhatikan perannya dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35494

Actions (login required)

View Item View Item