Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Islam Malang / Chadhirun Asnif Fadhlun Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Islam Malang / Chadhirun Asnif Fadhlun Nisa

Chadhirun Asnif Fadhlun (2010) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Islam Malang / Chadhirun Asnif Fadhlun Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisa Chadhirun Asnif Fadhlun. 2009. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Islam Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Triadi Agung S S.E. M.Si. Ak. (II) Dra. Tri Laksiani S.E. MM. Kata Kunci Motivasi Belajar Prestasi. Pendidikan tidak hanya mencakup kecerdasan atau intelektual belaka melainkan juga mencakup ketrampilan dan pengembangan pribadi sebagai makhluk Tuhan dan sebagai warga negara. Bidang studi/ mata pelajaran akuntansi tidak hanya berisi muatan teori namun juga ketrampilan dan bahkan sarat dengan nilai atau sikap tertentu oleh karena itu penyediaan sarana dan prasarana di sekolah harus mendapat perhatian agar dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar guna mencapai prestasi belajar yang memuaskan. Dalam proses belajar banyak sekali faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu faktor intern dan ekstern. motivasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Motivasi berperan dalam menumbuhkan dan mengarahkan kegiatan siswa yang kurang berminat terhadap pelajaran yang diajarkan oleh guru. Hasil belajar (prestasi belajar) akan menjadi optimal kalau ada motivasi. Motivasi akan senantiasa menentukan intensitas usaha belajar dan prestasi belajar bagi siswa Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh secara parsial motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA ISLAM Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 208 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 104 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial motivasi mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi siswa kelas XI SMA ISLAM Malang hal itu dapat diketahui dari nilai thitung 19 117. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Guru hendaknya senantiasa memberikan arahan dan dorongan kepada siswa dalam rangka meningkatkan motivasi mereka dan agar siswa selalu memperbaiki kebiasaan belajar mereka salah satunya adalah dengan cara menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan (2) siswa diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan memperbaiki kebiasaan belajar agar dapat mencapai prestasi yang baik (3) Bagi peneliti lain yang tertarik untuk memperbaiki atau melanjutkan penelitian ini disarankan agar peneliti tersebut menambah variabel yang akan digunakan karena masih banyak variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi serta menggunakan sampel yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35493

Actions (login required)

View Item View Item