Pengaruh faktor intern, faktor ekstern dan pendekatan belajar akuntansi terhadap kesulitan belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan Ilmu Sosial di SMA Negeri 2 Malang / Maya Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor intern, faktor ekstern dan pendekatan belajar akuntansi terhadap kesulitan belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan Ilmu Sosial di SMA Negeri 2 Malang / Maya Wulandari

Maya (2010) Pengaruh faktor intern, faktor ekstern dan pendekatan belajar akuntansi terhadap kesulitan belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan Ilmu Sosial di SMA Negeri 2 Malang / Maya Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Maya. 2009. Pengaruh Faktor Intern Faktor Ekstern dan Pendekatan Belajar Akuntansi Terhadap Kesulitan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Ilmu Sosial di SMA Negeri 2 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Yuli Widi Astuti S.E M.Si Ak (2) Dr. Sunaryanto M.Ed Kata Kunci Faktor Intern Faktor Ekstern Pendekatan Belajar Akuntansi Rendahnya prestasi belajar akuntansi disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kesulitan belajar yang berasal dari faktor intern faktor ekstern dan pendekatan belajar yang digunakan siswa dalam belajar akuntansi. Faktor intern adalah faktor yang timbul dari dalam diri siswa itu sendiri. Faktor ekstern adalah faktor yang timbul dari lingkungan sekitar siswa atau faktor yang datang dari luar diri siswa. Sedangkan pendekatan belajar adalah cara belajar siswa yang ikut menentukan strategi yang digunakan siswa dalam menunjang efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran materi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah faktor intern faktor ekstern dan pendekatan belajar yang digunakan siswa dalam belajar akuntansi ikut mempengaruhi tingkat kesulitan siswa dalam belajar akuntansi. Pengambilan populasi penelitian berdasarkan nilai UAS Akuntansi siswa yang berada dibawah standart kentuntasan SMA Negeri 2 Malang yaitu siswa yang memperoleh nilai dibawah 75. Diasumsikan siswa tersebut memiliki kesulitan belajar yang menyebabkan ketidaktuntasan dalam belajar akuntansi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir-butir soal tes faktor intern faktor ekstern dan pendekatan belajar yang digunakan siswa dalam belajar akuntansi serta data dokumentasi tentang nilai UAS Akuntansi siswa dan tingkat IQ siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier ganda. Dari analisis data diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara faktor intern penyebab kesulitan siswa belajar akuntansi (X1) terhadap kesulitan siswa belajar akuntansi (Y). Demikian juga ada pengaruh positif yang signifikan antara faktor ekstern penyebab kesulitan siswa belajar akuntansi (X2) terhadap kesulitan siswa belajar akuntansi (Y). Serta ditemukan ada pengaruh positif yang signifikan antara pendekatan belajar akuntansi (X3) terhadap kesulitan siswa belajar akuntansi (Y). Selain itu secara simultan ada pengaruh positif signifikan dari faktor intern (X1) faktor ekstern (X2) dan pendekatan belajar akuntansi (X3) terhadap tingkat kesulitan belajar akuntansi siswa kelas XI jurusan ilmu sosial SMA Negeri 2 Malang (Y). Hasil uji F menunjukan signifikasi (probabilitas) yang menyertainya lebih kecil dari signifikasi alfa maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi faktor intern penyebab kesulitan siswa belajar akuntansi dan semakin semakin tinggi faktor ekstern penyebab kesulitan siswa belajar akuntansi maupun penggunaan pendekatan belajar akuntansi siswa yang kurang tepat secara simultan (bersama-sama) akan selalu diikuti oleh tingginya tingkat kesulitan siswa belajar akuntansi. Hal ini berarti bahwa hipotesis awal diterima. Kesimpulan yang diperoleh secara parsial maupun simultan ada pengaruh positif signifikan dari faktor intern faktor ekstern dan pendekatan belajar akuntansi terhadap tingkat kesulitan belajar akuntansi siswa kelas XI jurusan ilmu sosial SMA Negeri 2 Malang. Saran yang diberikan dengan banyaknya faktor penyebab kesulitan siswa dalam belajar akuntansi maka dibutuhkan kerjasama yang baik antara berbagai pihak sekolah guru orang tua lingkungan masyarakat maupun siswa itu sendiri dalam mencapai tujuan pendidikan seperti yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35492

Actions (login required)

View Item View Item