Pengaruh pembelajaran akuntansi berorientasi life skill education dan praktek kerja industri terhadap perencanaan pilihan karier pasca sekolah (siswaSMK Negeri 1 Sooko Mojokerto) / Dessy Ningrum E.P.S. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran akuntansi berorientasi life skill education dan praktek kerja industri terhadap perencanaan pilihan karier pasca sekolah (siswaSMK Negeri 1 Sooko Mojokerto) / Dessy Ningrum E.P.S.

Dessy (2010) Pengaruh pembelajaran akuntansi berorientasi life skill education dan praktek kerja industri terhadap perencanaan pilihan karier pasca sekolah (siswaSMK Negeri 1 Sooko Mojokerto) / Dessy Ningrum E.P.S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran akuntansi berorientasi life skill dan praktek kerja industri merupakan dua faktor diantara beberapa faktor yang mempengaruhi perencanaan karier siswa pasca sekolah. Pembelajaran akuntansi berorientasi life skill adalah teori disekolah mengenai praktek di dunia usaha yang dapat memberikan bekal ketrampilan praktis terpakai terkait dengan tuntutan kerja peluang usaha potensi ekonomi dan industri yang ada dimasyarakat sedangkan praktek kerja industri merupakan pembelajaran yang berlangsung diluar sekolah bekerja sama dengan berbagai macam perusahaan yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa SMK untuk praktek kerja sesuai dengan jurusannya serta apa yang terjadi di dunia usaha dan industri sehingga memberikan pengetahuan dan pengalaman mengenai dunia kerja. Dengan pelaksanaan pembelajaran akuntansi berorientasi life skill dan praktek kerja industri yang baik akan memberikan pegangan atau pedoman pada siswa untuk dapat membantu perencanaan kariernya pasca sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel pembelajaran akuntansi berorientasi life skill dan praktek kerja industri terhadap perencanaan karier siswa pasca sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah 73 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanasi (explanatory reseach) dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Dalam penelitian ini koefisien determinasi untuk mengetahui variabel bebas mana yang lebih kuat mempengaruhi variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa pembelajaran akuntansi berorientasi life skill memiliki pengaruh positif terhadap perencanaan karier siswa pasca sekolah terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai 0 237. Sedangkan praktek kerja industri memiliki pengaruh positif terhadap perencanaan karier siswa pasca sekolah terbukti dengan diperolehnya nilai 0 708. Secara simultan pengaruh positif pembelajaran akuntansi berorientasi life skill dan praktek kerja industri terhadap perencanaan karier siswa pasca sekolah terbukti dari hasil analisis data diperoleh nilai R Square 86 7% sedangkan sisanya 13 3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Dalam penelitian ini variabel bebas yang lebih kuat mempengaruhi variabel terikat adalah variabel praktek kerja industri yang menyumbang sebesar 65 56%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akuntansi berorientasi life skill dan praktek kerja industri berpengaruh terhadap perencanaan karier siswa SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Saran yang dapat diajukan berdasarkan dari hasil penelitian ini adalah (1) Bagi siswa dapat mengikuti pembelajaran akuntansi berorientasi life skill dan praktek kerja industri dengan baik sehingga mendukung perencanaan karier pasca sekolah mereka. (2) Bagi guru akuntansi pelaksana program prakerin dan guru BK untuk dapat saling bekerja sama membimbing dan mengarahkan siswa untuk dapat merencanaan karier dengan benar sesuai kemampuan masing-masing siswa. (3) Bagi sekolah dapat meningkatkan fasilitas pendukung perkembangan kemajuan pembelajaran akuntansi berorientasi life skill serta pelaksanaan praktek kerja industri baik melalui sarana ataupun prasarana sehingga dapat mendukung semangat siswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dan proses prakerin. (4) bagi peneliti selanjutnya yang meneliti tema yang sejenis untuk dapat lebih memperluas lagi lingkup penelitian sehingga akan dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35487

Actions (login required)

View Item View Item