Peran kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum berbasis karakter (studi kasus pada Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar di Kota Malang) / Anda Harimas Rohyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum berbasis karakter (studi kasus pada Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar di Kota Malang) / Anda Harimas Rohyanto

Rohyanto, Anda Harimas (2013) Peran kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum berbasis karakter (studi kasus pada Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar di Kota Malang) / Anda Harimas Rohyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rohyanto Anda. H. 2013. Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis Karakter (Studi Kasus Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar Malang). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Imron Arifin M.Pd (2) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. Kata kunci kepala sekolah pengembangan kurikulum kurikulum berbasis karakter Pendidikan merupakan salah satu unsur yang dapat menciptakan kemajuan dan peningkatan kualitas hidup sumber daya manusia di suatu bangsa. Oleh sebab itu keberadaan pendidikan dituntut untuk bisa membentuk insan atau sumber daya manusia yang terdidik dan bermoral. Kurikulum adalah jantung pendidikan oleh karena itu sudah seharusnya kurikulum saat ini memberikan perhatian yang lebih besar pada pendidikan karakter. Pendidikan karakter di sekolah diterapkan melalui pelibatan semua komponen (stakeholders) pendidikan. Terkait dengan pengembangan kurikulum yang dirancang berbasis karakter maka peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan dirasa sangat penting dan sangat berpengaruh. Penerapan strategi-strategi yang dilakukan kepala sekolah akan menentukan apakah penerapan kurikulum berbasis karakter di sekolah akan berhasil ataukah malah sebaliknya. Kepala Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar Malang mempunyai peran khusus dalam melakukan pengembangan kurikulum berbasis karakter di sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) peran kepala sekolah dalam merencanakan pengembangan kurikulum berbasis karakter di Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar Malang (2) peran kepala sekolah dalam melaksanakan pengembangan kurikulum berbasis karakter di Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar Malang (3) peran kepala sekolah dalam mengevaluasi pelaksanaan pengembangan kurikulum berbasis karakter di Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif di SD Plus Al-Kautsar Malang. Pada penelitian ini peneliti berperan sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. Kepala Sekolah menjadi informan kunci dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dan studi dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan langkah awal adalah reduksi data selanjutnya penyajian data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran kepala sekolah dalam perencanaan kurikulum berbasis karakter adalah sebagai (1) Promotor. Peran kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum berbasis karakter adalah sebagai (1) Manajer yang didalamnya terdapat (a) Peran Interpersonal (b) Peran Informasional (c) Pengambil Keputusan (2) Administrator (3) Supervisor (4) Leader (5) Edukator (6) Motivator (7) Inovator. Peran kepala sekolah dalam evaluasi kurikulum berbasis karakter adalah sebagai (1) Evaluator. Penelitian memberikan saran kepada (1) Dinas Pendidikan Kota Malang perlu diadakan pembinaan atau pelatihan terhadap kepala sekolah di Kota Malang tentang peran Kepala Sekolah sebagai edukator manajer administrator supervisor leader inovator dan motivator (EMASLIM) (2) Kepala SD Plus Al-Kautsar Malang kepala sekolah hendaknya selalu memperhatikan perannya sebagai seorang pemimpin khususnya dalam pemberian tanggungjawab secara merata terhadap guru-guru dan selalu melibatkan guru dalam masalah pengembangan kurikulum yang ingin digunakan (3) dapat memperluas kajian perkuliahan tentang peran seorang kepala sekolah dalam melaksanakan pengembangan kurikulum (4) Peneliti Lain disarankan untuk dapat mengembangkan penelitian ini dengan aspek kepemimpinan lain sehingga dapat menambah dan mengembangkan kajian ilmiah yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3542

Actions (login required)

View Item View Item