Pengaruh locus of control dan efikasi diri terhadap keikutsertaan siswa pada bimbingan belajar (studi kasus pada siswa kelas XII IS 2 SMA Negeri 10 Malang) / Anung Yunita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh locus of control dan efikasi diri terhadap keikutsertaan siswa pada bimbingan belajar (studi kasus pada siswa kelas XII IS 2 SMA Negeri 10 Malang) / Anung Yunita Sari

Anung Yunita (2010) Pengaruh locus of control dan efikasi diri terhadap keikutsertaan siswa pada bimbingan belajar (studi kasus pada siswa kelas XII IS 2 SMA Negeri 10 Malang) / Anung Yunita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Anung Yunita. 2009. Pengaruh Locus of Control dan Efikasi Diri Terhadap Keikutsertaan Siswa Pada Bimbingan Belajar (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII IS 2 SMA Negeri 10 Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sri Pujiningsih S.E M.Si Ak (2) Dra Tri Laksiani S.E M.M Keyword locus of control efikasi diri keikutsertaan siswa pada bimbingan belajar Locus of control dan efikasi diri sangat penting dalam menunjang siswa dalam mengatasi masalahnya dalam pembelajaran serta dalam memutuskan apa yang akan dilakukannya untuk mengatasi masalah tersebut. Bimbingan belajar adalah alternatif yang sangat lazim dipilih siswa untuk mengatasi masalahnya dalam bidang akademik dan untuk meningkatkan prestasi dalam akademik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara locus of control dan efikasi diri terhadap keikutsertaan siswa pada bimbingan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Subyek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 10 Malang. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi ganda dalam pengolahan data yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan besarnya thitung yaitu sebesar 3 099 untuk variabel locus of control dan -1 719 untuk variabel efikasi diri. Sedangkan F hitung sebesar 5 460 dengan signifikasi 0 008. dengan hasil penyusunan rumus regresi ganda Y 17 393 0 279 X1 - 0 057 X2 e maka besarnya pengaruh locus of control terhadap keikutsertaan siswa pada bimbingan belajar adalah 27 9% dan efikasi diri tidak berpengaruh terhadap keikutsertaan siswa pada bimbingan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan baik secara simultan antara locus of control dan efikasi diri terhadap keikutsertaan siswa pada bimbingan belajar. Tetapi secara parsial efikasi diri tidak berpengaruh terhadap keikutsertaan siswa pada bimbingan belajar. Saran dari penelitian ini adalah agar siswa lebih meningkatkan locus of control internal dan efikasi diri untuk menunjang prestasi bidang akademik dan agar siswa tidak menganggap remeh pembelajaran di sekolah meskipun telah mengikuti bimbingan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35411

Actions (login required)

View Item View Item