Yuliana, Priska (2013) Manajemen pendidikan karakter sekolah multikultural (studi kasus di SDK Sang Timur Malang) / Priska Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yuliana Priska. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter Sekolah Multikultural (Studi kasus di SDK Sang Timur Malang). Skripsi Jurusan Administraasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. A. Yusuf Sobri S.Sos M.Pd (II) Teguh Triwiyanto S.Pd M.Pd Kata kunci pendidikan karakter sekolah multikultural Penguatan pendidikan karakter dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di negara kita. Diakui atau tidak saat ini terjadi krisis yang nyata dan mengkhawatirkan dalam masyarakat dengan melibatkan milik kita yang paling berharga yaitu anak-anak. Krisis itu antara lain berupa meningkatnya pergaulan seks bebas maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja kejahatan terhadap teman pencurian pada remaja kebiasaan mencontek dan penyalahgunaan obat-obatan pornografi perkosaan perampasan dan perusakan milik orang lain sudah menjadi masalah sosial yang hingga kini belum dapat diatasi secara tuntas. Bisa jadi salah satu penyebabnya karena pendidikan di Indonesia lebih menitikberatkan pada pengembangan intelektual kognitif semata sedangkan aspek softskill atau nonakademik sebagai unsur utama pendidikan karakter belum diperhatikan secara optimal bahkan jika boleh dikatakan cenderung diabaikan. Saat ini ada kecenderungan bahwa target-target akademik masih menjadi tujuan utama dari hasil pendidikan seperti halnya Ujian Nasional (UN) sehingga proses pendidikan karakter masih sulit dilakukan. Fokus dari penelitian ini yaitu bagaimana sekolah multikultural menerapkan pendidikan karakter menerapkan nilai-nilai karakter yang terbagi menjadi empat fokus yaitu (1) menumbuhkan rasa religius (2) menumbuhkan kemandirian (3) menumbuhkan rasa toleransi dan cinta damai dan (4) menumbuhkan pola pikir dan interaksi sosial dalam diri peserta didik faktor pendukung penerapan pendidikan karakter sekolah multikultural hambatan-hambatan yang dialami sekolah serta upaya mengatasi masalah dalam penerapan pendidikan karakter sekolah multikultural di SDK Sang Timur Malang. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Pendekatan ini dipilih agar dapat memperoleh data secara alami dan komprehensif mengenai masalah yang diteliti. Peneliti bertindak sebagai instrument kunci yang merencanakan melaksanakan mengumpulkan data menganalisis menafsirkan data dan melaporkan hasil penelitian. Data yang diperoleh melalui (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam dua tahap yaitu saat pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Analisis tersebut melalui langkah-langkah yaitu reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah mengadakan pengamatan lebih tekun dan menguji triangulasi serta member check. Temuan penelitian ini yaitu penerapan pendidikan karakter sekolah multikultural yang dilaksanakan dalam proses belajar-mengajar di SDK Sang Timur Malang. Tujuan pendidikan ini yaitu untuk menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk dapat bersosialisasi di lingkungan formal maupun informal. Terbentuknya pendidikan karakter ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yaitu keberagaman suku agama ras dan budaya peserta didik di SDK Sang Timur Malang ini. Kepedulian pihak sekolah dan yayasan terhadap pembentukan karakter peserta didik di SDK Sang Timur Malang yang memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Banyaknya wali murid yang menyerahkan pendidikan anaknya di sekolah. Pihak-pihak yang ikut berperan dalam penerapan pendidikan karakter sekolah multikultural ini meliputi Kepala SDK Sang Timur Malang Guru SDK Sang Timur Malang Yayasan Widyasasana Malang orang tua peserta didik masyarakat serta lingkungan sekitar. SDK Sang Timur Malang memiliki peserta didik dari berbagai suku agama ras dan budaya walaupun sebenarnya sekolah ini memiliki dasar pendidikan agama katolik. Namun adanya asas kepercayaan akan penerapan pendidikan karakter di sekolah ini masyarakat tidak ambil pusing karena adanya perbedaan antara keyakinan yang dianut serta kurikulum yang terdapat di sekolah tersebut. Sekolah ini memiliki dasar pendidikan agama katolik sekolah ini juga menerapkan rasa toleransi dan rasa cinta damai kepada peserta didik. Hal ini dilakukan dengan memberi ucapan kepada peserta didik yang sedang merayakan hari besar keagamaannya. Penerapan pendidikan karakter sekolah multikultural ini terdapat berbagai faktor pendukung dan penghambat yang berupa faktor intern dan ekstern. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Kepala SDK Sang Timur Malang diharapkan membuat manajemen yang baik dalam setiap melaksanakan program kerja karena manajemen yang kurang matang mampu membuat pelaksanaan program kerja tersebut berjalan kurang maksimal (2) Guru SDK Sang Timur Malang diharapkan mampu mengembangkan pola pikir serta keterampilan dan kreativitas sesuai dengan tuntutan pendidikan yang ada (3) Ketua dan Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM diharapkan mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter lebih dalam lagi karena pendidikan karakter sekolah multikultural ini sangat mempengaruhi peserta didik dalam menempuh dunia pendidikan secara global dan (4) peneliti lain disarankan agar melakukan tindak lanjut dari penelitan ini berupa melakukan penelitian tindakan dengan mencari model penerapan pendidikan karakter sekolah multikultural yang efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3541 |
Actions (login required)
View Item |