Hubungan persepsi siswa terhadap manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dengan prestasi belajar di Sekolah Menengah Pertama N egeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk / Nur Widia Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi siswa terhadap manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dengan prestasi belajar di Sekolah Menengah Pertama N egeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk / Nur Widia Wardani

Wardani, Nur Widia (2013) Hubungan persepsi siswa terhadap manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dengan prestasi belajar di Sekolah Menengah Pertama N egeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk / Nur Widia Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hubungan persepsi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah prestasi belajar. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) merupakan model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dan mendorong partisipasi warga sekolah baik kepala sekolah guru karyawan dan siswa serta masyarakat yaitu orangtua siswa tokoh masyarakat ilmuan pengusaha dan sebagainya. Sekolah mempunyai tanggungjawab tentang mutu pendidikan masing-masing kepada pemerintah orangtua siswa dan masyarakat pada umumnya sehingga melakukan upaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan dan mencapai sasaran mutu pendidikan terutama meningkatkan prestasi belajar siswa sebagai tolok ukur sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi siswa tentang MPMBS di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk (2) tingkatprestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk (3) hubungan antara persepsi siswa terhadap MPMBS dengan prestasi belajar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dimana penelitian deskriptif bertujuan untuk menggambarkan persepsi siswa terhadap MPMBS. Sedangkan penelitian korelasional bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tingkat kelas siswa SMP Negeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk. Untuk mendapatkan jumlah populasi penelitian terlebih dahulu peneliti melakukan observasi ke sekolah dengan mengambil data jumlah keseluruhan siswa. Kegiatan observasi ini dilakukan karena penyebaran angket nantinya akan dilakukan pada waktu siswa sebelum memulai pelajaran. Jumlah populasi penelitian berdasarkan data dari sekolah sebanyak 741 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 260 siswa teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportional random sampling sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang memberikan empat jawaban alternatif. Hasil penelitian secara deskriptif untuk variabel persepsi siswa terhadap MPMBS terdapat 91 siswa (35%) menyatakan bahwa MPMBS termasuk dalam kategori sangat baik 157 siswa (60 4%) menyatakan bahwa MPMBS termasuk dalam kategori baik 12 siswa (4 6%) menyatakan bahwa MPMBS termasuk dalam kategori tidak baik dan tidak terdapat siswa (0%) yang menyatakan bahwa MPMBS termasuk dalam kategori sangat tidak baik sehingga dapat diartikan bahwa siswa mempunyai persepsi baik terhadap MPMBS di SMP Negeri 1 Kertosono. Sedangkan variabel prestasi belajar siswa diambil dari nilai rata-rata siswa semester gasal tahun ajaran 2012/2013 terdapat 162 siswa (63 4%) menyatakan prestasi belajar siswa termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi 88 siswa (32 6%) menyatakan prestasi belajar siswa termasuk dalam kualifikasi tinggi 10 siswa (4%) menyatakan prestasi belajar siswa termasuk dalam kualifikasi rendah dan 0 siswa (0%) menyatakan prestasi belajar siswa termasuk dalam kualifikasi sangat rendah sehingga dapat diartikan bahwa prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk tergolong sangat tinggi. Berdasarkan jawaban pada angket MPMBS yang dianggap baik oleh siswa adalah sekolah memiliki kebijakan tujuan dan sasaran mutu yang jelas untuk kelangsungan pembelajaran sedangkan yang tidak baik menurut siswa adalah budaya mutu yang dimiliki oleh sekolah. Hasil korelasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa angka korelasi antara variabel persepsi siswa terhadap MPMBS (X) dan variabel prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0 542 dan angka signifikansi sebesar 0 000. Data hasil penelitian menunjukkan nila rhitung 0 542 dan nilai rtabel 0 124 dari data tersebut dapat diketahui bahwa rhitung rtabel. Interpretasi dari data tersebut Ho ditolak dan H1 diterima. Sesuai data yang diperoleh angka signifikan 0 000 0 05 sehingga dapat diartikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap MPMBS dengan prestasi belajar di SMP Negeri 1 Kertosono. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyajikan beberapa saran antara lain kepada (1) Kepala SMP Negeri 1 Kertosono hendaknya dalam mengelola manajemen sekolah lebih ditingkatkan lagi khususnya dalam bidang akademik. selain itu perlu adanya suatu pendekatan terhadap siswa agar lebih memahami kebutuhan belajar siswa (2) Guru SMP Negeri 1 Kertosono hendaknya dalam mengajar lebih menerapkan metode positif untuk memotivasi siswa sehingga siswa merasaa nyaman dalam belajar (3) Siswa SMP Negeri 1 Kertosono hendaknya lebih meningkatkan prestasi belajar khususnya bidang akademik agar sekolah memiliki mutu pendidikan yang lebih baik lagi (4) Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya menambah wacana keilmuan mengenai manajemen mutu sekolah agar dapat dijadikan bahan referensi bagi mahasiswa Administrasi Pendidikan (5) Peneliti lain disarankan agar melakukan penelititan secara berkesinambungan yang lebih komprehensif tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan mutu pendidikan sekolah serta memilih metode yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3540

Actions (login required)

View Item View Item