Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Alam Bilingual Sekolah Dasar Islam (SDI) Surya Buana Malang / Zulfa Husnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Alam Bilingual Sekolah Dasar Islam (SDI) Surya Buana Malang / Zulfa Husnawati

Husnawati, Zulfa (2012) Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Alam Bilingual Sekolah Dasar Islam (SDI) Surya Buana Malang / Zulfa Husnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Implementasi KTSP Sekolah Alam Sekolah alam merupakan sebuah sekolah yang menekankan siswa pada pendekatan alam dan realita sosial. Munculnya sekolah alam disebut sebagai penyeimbang atas pesatnya kemajuan teknologi dan globalisasi. Tahun 2006 pemerintah mengenalkan kurikulum KTSP. KTSP merupakan kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh setiap sekolah dan dikembangkan dengan memperhatikan kearifan lokal dilingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi KTSP meliputi perencanaan pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang diterapkan di sekolah alam bilingual SDI Surya Buana Malang untuk kemudian di analisis apakah implementasi KTSP di sekolah telah sesuai dengan panduan penyusunan KTSP oleh BSNP (2)mendeskripsikan kendala yang dijumpai dalam implementasi KTSP serta solusi yang telah dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui data reduction display dan verification. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan keajegkan atau ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan KTSP di sekolah alam bilingual SDI Surya Buana sudah sesuai dengan penyusunan KTSP yang telah ditetapkan oleh BSNP dalam penyusunan silabus dan RPP pelaksanaan pembelajaran dengan multimedia dan metode serta evaluasi pembelajaran yang dilakukan berupa evaluasi akademik dan non-akademik. Ciri khas sekolah alam adalah penggunaan konsep triple R yang disisipkan ke dalam RPP outbond dan parents day. Konsep bilingual diterapkan melalui mukhadasah baik dalam bahasa inggris maupun bahasa arab. Kendala yang dijumpai yaitu penyusunan perangkat pembelajaran membutuhkan waktu yang lama karena hal ini tergantung pada kemampuan guru dalam memahami dan menyusun perangkat pembelajaran yang mencakup Triple R kurang sesuainya penggunaan beberapa metode yang diterapkan di kelas sehingga alokasi waktu yang telah direncanakan tidak sesuai dengan kondisi lapangan solusi yang dilakukan yaitu adanya kegiatan workshop dalam penyusunan perangkat pembelajaran serta evaluasi rutin yang dilakukan oleh sekolah untuk membahas permasalahan dalam pembelajaran. Beberapa saran yang dapat disampaikan yaitu kecermatan dalam pemilihan metode pembelajaran harus lebih ditekankan untuk meminimalkan ketidaksesuaian dengan perencanaan pembelajaran yang telah dirancang sebelumnya hasil penelitian dapat menjadi bahan identifikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan program bagi sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item