Respon orang tua peserta didik SMP atas layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui media online Dinas Pendidikan Kota Malang / Sasi Maulina - Repositori Universitas Negeri Malang

Respon orang tua peserta didik SMP atas layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui media online Dinas Pendidikan Kota Malang / Sasi Maulina

Maulina, Sasi (2013) Respon orang tua peserta didik SMP atas layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui media online Dinas Pendidikan Kota Malang / Sasi Maulina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maulina Sasi. 2013. Respon Orang Tua Peserta Didik SMP atas Layanan Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui Media Online oleh Dinas Pendidikan Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Nurul Ulfatin M.Pd. (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos M.Pd. Kata kunci manajemen peserta didik PPDB online. 12288 12288 12288 12288 Semakin meluasnya perkembangan teknologi memberikan dampak pada sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilakukan secara online. Kegiatan PPDB yang sebelumnya dilakukan secara manual merupakan suatu proses administrasi serta kegiatan rutin yang dilaksanakan agar lulusan sekolah dapat melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Berdasarkan kenyataan di lapangan PPDB yang dilaksanakan secara manual dirasa tidak efektif dan efisien. Oleh sebab itu dibuatlah sistem PPDB secara online dengan tujuan agar terciptanya transparansi PPDB dan kemudahan dalam seleksi peserta didik baru berjalan lebih tertib terarah dan berkualitas. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui respon orang tua peserta didik terhadap pelaksanaan PPDB online (2) untuk mengetahui tingkat keterampilan orang tua dalam mengakses informasi PPDB online (3) untuk mengetahui harapan orang tua terhadap pelaksanaan PPDB online dan (4) untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan orang tua terhadap sistem PPDB online. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu orang tua peserta didik Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Klojen yang berjumlah 1.754 orang tua. Sampel yang digunakan sebanyak 176 orang tua yang diambil dengan menggunakan dua tahap yaitu teknik Purposive Sampling dan Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan angket dan analisis dengan teknik persentase. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan orang tua telah mengetahui keberadaaan PPDB online. Dalam hal pemahaman (93% responden) orang tua telah mengerti maksud dari PPDB dengan menggunakan media online. Sebagian besar orang tua (92% responden) mengetahui layanan PPDB online melalui kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh pihak sekolah. Informasi yang didapat mengenai PPDB online berasal dari media massa peserta didik sekolah melalui edaran dan lain-lain. Beragam informasi yang didapat orang tua antara lain mendapat informasi mengenai prosedur pendaftaran cara mengakses dan pendaftaran sampai pada pengumuman hasil PPDB online. Proses pelaksanaan (55% responden) PPDB online tergolong efektif untuk diterapkan dan dibuktikan dengan persentase tinggi. Kelebihan lain yang dirasakan orang tua adalah mengenai layanan dari PPDB online baik dari segi proses pendaftaran pelaksanaan hasil sampai pada biaya. Keterampilan orang tua dalam mengakses layanan PPDB online dapat dilihat dari dua sisi yaitu keterampilan dalam memperoleh informasi tentang PPDB online dan keterampilan dalam mengoperasikan fasilitas PPDB online. Berdasarkan harapan responden terhadap layanan PPDB online dilihat dari sisi layanan sistem PPDB online responden memilih untuk memperbaiki menu web agar lebih lengkap bahasa yang digunakan dalam web agar mudah dipahami oleh pengguna terutama orang tua memperhatikan loading agar ketika waktu bersamaan banyak yang mengakses (51 1% responden). Berdasarkan sisi tata cara pendaftaran sebanyak 94% responden setuju dengan tata cara pendaftaran PPDB online. Sedangkan dari sisi kemampuan memberikan pelayanan sebanyak 95% responden menilai bahwa panitia PPDB online memberikan pelayanan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang diharapkan untuk dapat mempertahankan dan mengembangkan sistem PPDB online yang sudah baik ini agar pengguna terutama orang tua dapat secara maksimal memantau proses seleksi PPDB online serta diperlukan perbaikan sistem dan sesuai namanya dengan menggunakan sistem online maka semua aktivitas dilakukan secara online (2) Kepala sekolah untuk melakukan sosialisasi secara merata agar orang tua terutama mengetahui informasi serta prosedur penggunaan PPDB online (3) Orang tua agar lebih memperkaya diri dengan berbagai informasi mengenai PPDB online untuk mempermudah dalam mengakses dan mengetahui prosedur (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan agar dapat dijadikan referensi sebagai salah satu kajian dalam ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang manajemen pendidikan sesuai dengan perkembangan teknologi sekarang dan (5) peneliti lain agar dapat digunakan sebagai masukan dan bahan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya serta melanjutkan pada berbagai aspek lain yang bermanfaat dari manajemen peserta didik khususnya mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru dengan menggunakan sistem online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3539

Actions (login required)

View Item View Item